alexametrics
Selasa, 19 Jan 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Radar Kudus Award Beri Penghargaan kepada Guru Peduli Literasi

26 November 2020, 10: 54: 27 WIB | editor : Ali Mustofa

Radar Kudus Award Beri Penghargaan kepada Guru Peduli Literasi

REMBANG – Tim Jawa Pos Radar Kudus Award menyerahkan penghargaan kategori Pegiat Literasi dan Numerisasi kepada Guru SMAN 1 Lasem Imron Wijaya hari ini. Sebelumnya Jawa Pos Radar Kudus Award telah berikan penghargaan kepada Plt Bupati Kudus HM Hartopo, IAIN Kudus, PT. PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, dan Perumda Aneka Usaha Jepara.

Pertimbangan Imron Wijaya diberi penghargaan dewan juri Radar Kudus Award karena selama hampir lebih setahun ini dia aktif berkegiatan di dunia literasi dan numerisasi.

Di organisasi Ikatan Guru Indonesia (IGI) Rembang, dia rutin menyelenggarakan pelatihan. Kegiatan yang paling menarik gerakan nasional pemberantasan buta matematika (Gernastastaka). ”Bagaimana menyulap ilmu eksask itu menjadi menarik,” kata Ketua Panitia Radar Kudus Award Ali Mahmudi kemarin.

Di enam kabupaten, yakni Pati, Rembang, Grobogan, Blora, Jepara, dan Kudus, Rembang lah yang menjadi pionir gerakan itu. ”ini yang patut diapresiasi. Pak Imron lah yang menginisiasi Gernastastaka,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga yang mendeklarasikan Rembang sebagai Kabupaten Literasi. Bersamaan dengan diselenggarakannya seminar Nasional Tahun  2016 dengan tema ”Budaya Literasi dan Implementasinya dalam Pembelajaran Guna Menunjang Penumbuhan Budi Pekerti”.

Deklarasi itu dihadiri total 350 peserta dari guru di Rembang dan perwakilan IGI se-Jawa Tengah.  Sebelumnya 2015, Imron sudah menggelorakan dunia literasi menggandeng IGI Pusat dan Pesona Edu dalam bentuk workshop Karya Tulis Ilmiah.

Penyerahan penghargaan itu, lanjut Ali, di Semarang. Sebelum seminar nasional dalam rangka Hari Guru Nasional daring. Salah satu pembicaranya adalah Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.  

(ks/vah/zen/top/JPR)

 TOP