alexametrics
Selasa, 19 Jan 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

BPJAMSOSTEK Jepara Beri Relaksasi Iuran dan Layanan LAPAK ASIK

25 November 2020, 07: 05: 18 WIB | editor : Ali Mustofa

SOSIALISASIKAN: BPJAMSOSTEK Jepara menggelar sosialisasi progam BPJamsostek dan Lapak Asik bagi perusahaan, baru-baru ini.

SOSIALISASIKAN: BPJAMSOSTEK Jepara menggelar sosialisasi progam BPJamsostek dan Lapak Asik bagi perusahaan, baru-baru ini. (BPJS Ketenagakerjaan For Radar Kudus)

Share this      

JEPARA – Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, BPJAMSOSTEK Jepara terus memberikan layanan yang maksimal. Selain memberikan relaksasi iuran bagi peserta, saat ini juga diberlakukan pelayanan tanpa kontak fisik.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Cabang Jepara, Anggoro Ari saat menggelar kegiatan bertajuk progam penyegaran BPJAMSOSTEK dan sosialisasi Lapak Asik bagi perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Ukir. Anggoro Ari mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak pada perusahaan. Banyak tenaga kerja dirumahkan dan sektor usaha mengalami penurunan pendapatan bahkan merugi.

BPJAMSOSTEK menunjukkan kepeduliannya untuk memberikan relaksasi iuran bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan baik itu sektor Penerima Upah (PU), Bukan Penerima Upah (BPU) maupun Sektor Jasa Konstruksi. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 49 tahun 2020 tentang Penyesuaian Iuran Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan selama bencana non alam penyebaran corona virus disease-19 (Covid-19). ”Tujuan relaksasi iuran ini untuk memberikan perlindungan hak-hak jaminan sosial ketenagakerjaan bagi peserta, meringankan beban pemberi kerja dan peserta serta kesinambungan program, dan mendukung upaya pemulihan perekonomian dan kelangsungan usaha,” katanya.

Meski ada relaksasi, namun manfaat yang diberikan tetap sama. Bahkan melalui Peraturan Pemerintah nomor 82 tahun 2019 manfaat progam dinaikkan hingga mencapai 1000 persen. Ini menjadi hal yang sangat baik bagi para pekerja yang tentunya memiliki risiko kerjanya masing-masing.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kudus Multanti yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, dari segi pelayanan selama pandemi BPJAMSOSTEK menerapkan pelayanan tanpa kontak fisik atau yang lebih dikenal dengan LAPAK ASIK. ”Dengan adanya layanan ini para peserta tidak perlu datang secara langsung dan bertatap muka, cukup mengakses layanan digital yang sudah di sediakan. Tanpa mengurangi kualitas pelayanan yang diberikan tentunya,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Diskopukmnakertrans Jepara, Eriza Rudi Yulianto mendukung Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi pekerja yang ada di Jepara. ”Progam jaminan ini penting, pemberi kerja dan pekerja harus menyadari hal ini. Harapannya progam ini bisa menjangkau seluruh pekerja yang ada di jepara bahkan sampai ke sektor-sektor terkecil sekalipun,” imbuhnya.

(ks/emy/top/JPR)

 TOP