alexametrics
Selasa, 19 Jan 2021
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Usang, Tembakau dan Bungkus Rokok di Museum Kretek Dikonservasi

23 November 2020, 11: 45: 02 WIB | editor : Ali Mustofa

TEMBAKAU: Pengunjung sedang melihat koleksi tembakau di Museum Kretek sebelum korona.

TEMBAKAU: Pengunjung sedang melihat koleksi tembakau di Museum Kretek sebelum korona. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Usang, tembakau dan bungkus rokok langka dibersihkan. Proses perawatan itu melibatkan tim ahli dari Museum Jawa Tengah Ranggawarsita.

Tim Museum Kretek Kudus Rina Hidayati Noor mengatakan, tembakau dan bungkus rokok memang perlu dirawat. ”Alasannya mendesak dikonservasi,” ungkapnya.

Dalam perawatan ini, ada delapan ahli. Dua konservator dan enam tenaga pendamping konservasi beserta tim dari Museum Kretek sendiri yang diterjunkan merawat barang bersejarah tersebut.

LINDUNGI SEJARAH: Tim ahli konservasi dari Museum Ronggowarsito melakukan perawatan pada bungkus rokok dan tembakau koleksi Museum Kretek.

LINDUNGI SEJARAH: Tim ahli konservasi dari Museum Ronggowarsito melakukan perawatan pada bungkus rokok dan tembakau koleksi Museum Kretek. (MUSEUM KRETEK FOR RADAR KUDUS)

Dia mengatakan, ada 150 bungkus rokok yang dibersihkan. Sedangkan daun tembakau ada 20 buah.

Dia mengatakan, proses konservasi ini diperlukan kehatian-hatian. Jika tak teliti dan salah membersihkan, dampaknya akan merusak barang. Selain itu, barang yang disimpan sudah lama.

"Ada perlakuan khusus dalam merawat. Kami terlebih dahulu melihat bahan kertasnya agar saat proses konservasi tidak rusak," ungkapnya.

Terkait koleksi lainnya, pihak Museum Kretek akan melakukan konservasi lanjutan. Mengingat banyaknya koleksi di Museum Kretek. Upaya rutin itu akan diusulkan dalam anggaran perawatan.

Dengan dilakukannya konservasi ini, pengelola berharap barang bersejarah tersebut bisa lebih awet. Sekaligus bisa dinikmati masyarakat. Apalagi bungkus kretek tersebut sebagian besar sudah tidak diproduksi lagi oleh perusahaan.

Koleksi Museum Kretek tercatat kurang lebih 800 barang. Mulai dari bungkus kretek, daun tembakau, alat pembuatan kretek, benda peninggalan PR Bal Tiga, hingga Nitisemito. 

(ks/gal/mal/top/JPR)

 TOP