alexametrics
Rabu, 02 Dec 2020
radarkudus
Home > Grobogan
icon featured
Grobogan

Masih Proses Penyelidikan, Alat Berat di Galian C Ilegal Diamankan

21 November 2020, 11: 18: 17 WIB | editor : Ali Mustofa

BEROPERASI LAGI: Alat berat di galian C Desa Katekan, Kecamatan Brati, Grobogan, diamankan karena melakukan penambangan ilegal.

BEROPERASI LAGI: Alat berat di galian C Desa Katekan, Kecamatan Brati, Grobogan, diamankan karena melakukan penambangan ilegal. (CIPTO FOR RADAR KUDUS)

Share this      

GROBOGAN - Satu alat berat diamankan bersama dengan operator serta penanggung jawab yang melakukan galian C di Desa Katekan, Brati, pada Rabu (18/11) lalu. Penertiban tersebut karena lokasi galian C yang pernah menjadikan korban meninggal enam orang tersebut, kini masih dalam proses penyelidikan.

Kapolsek Brati AKP Zaenal Arifin mengatakan, proses penyelidikan untuk kasus galian C di Desa Katekan, Brati, terus berlanjut. Kasus tersebut telah ditangani di unit 2 Sat Reskrim Polres Grobogan.

”Kami diminta untuk memberhentikan galian C, karena tidak memiliki izin tambang,” kata AKP Zaenal Arifin kemarin.

Untuk menindaklanjuti kasus tersebut, alat berat telah diamankan dan diberikan garis pembatas polisi di lokasi kejadian. Sedangkan operator alat berat dan penanggung jawab diminta keterangan untuk kegiatan ilegal. Sebab, dari lokasi galian C itu tidak memiiki izin tambang.

”Saat ini masih dalam penyelidikan untuk tindak lebih lanjut,” terangnya.

Perwakilan ESDM Jawa Tengah wilayah Kendeng Selatan Sinung menyatakan, lokasi galian C di Desa Katekan, Brati, itu tidak memiliki izin alias ilegal. Sehingga aktivitas pertambangan yang dilakukan tidak mempunyai izin untuk menambang.

Ketua Paguyuban Pertambangan Grobogan Sucipto berharap, pengusaha galian C yang tidak memiliki izin ditindak tegas. Sebab, mereka tidak memiliki izin dan melakukan kegiatan secara sembunyi-bunyi serta tidak mau mengurus izin.

”Harusnya pertambangan galian C ini ditertibkan semua. Kasus di Desa Katekan, Brati, harus ditindak tegas pemiliknya,” tandasnya. 

(ks/mun/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya