alexametrics
Rabu, 02 Dec 2020
radarkudus
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Gerebek 3 Bangunan, Bea Cukai Amankan Rokok Ilegal Senilai Rp 366 Juta

21 November 2020, 11: 06: 22 WIB | editor : Ali Mustofa

DISIKAT: Beberapa merek rokok ilegal yang disita tim Bea Cukai Kudus dari penggerebekan di tiga rumah di Desa Robayan, Kalinyamatan, Jepara.

DISIKAT: Beberapa merek rokok ilegal yang disita tim Bea Cukai Kudus dari penggerebekan di tiga rumah di Desa Robayan, Kalinyamatan, Jepara. (BEA CUKAI KUDUS FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus menggerebek tiga rumah di Desa Robayan, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara. Hasilnya, tim berhasil mengamankan 358.920 batang rokok ilegal.

Kepala KPPBC Tipe Madya Kudus Gatot Sugeng Wibowo menyatakan, penindakan tersebut dilakukan Rabu (18/11) lalu. Tim sebelumnya memperoleh informasi dari masyarakat atas adanya rokok ilegal yang ditimbun di rumah warga.

”Atas informasi tersebut, kami langsung melakukan penggerebekan di tiga rumah itu,” katanya.

Pada rumah pertama, kedua, dan ketiga tim berhasil menemukan barang bukti rokok ilegal. Jenisnya sigaret kretek mesin (SKM). Total ada 228.000 batang rokok SKM. Rokok tersebut tidak dilekati pita cukai.

”Selain mendapat rokok berjenis SKM, kami juga berhasil mengamankan rokok SKT (sigaret rokok tangan) 10.400 batang,” terangnya.

Dari penggeledahan tersebut, selain berhasil mengamankan ratusan ribu batang rokok ilegal, Bea Cukai menyita alat produksi. Di antaranya empat alat pemanas dan lima unit alat linting rokok.

Atas upaya pencegahan rokok ilegal tersebut, total barang yang berhasil disita Bea Cukai Kudus senilai Rp 366 juta. Sementara total potensi kerugian negara yang ditumbulkan rokok ilegal senilai Rp 207,2 juta.

Saat ini, semua barang bukti yang disita dibawa ke kantor Bea Cukai Kudus. Lantaran untuk diproses lebih lanjut. Pihak Bea Cukai berencana akan mendalami informasi terkait kepemilikan bangunan dan barang kena cukai atau rokok ilegal itu.

Sementara itu, sampai pekan ketiga di November 2020, Bea Cukai Kudus telah melakukan 70 kali penidakan di bidang cukai.

(ks/gal/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya