alexametrics
Rabu, 02 Dec 2020
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Empat Wisata di Rembang Disasar Program Gerakan BISA, Mana Saja?

20 November 2020, 16: 52: 38 WIB | editor : Ali Mustofa

ASYIK: Wisatawan menikmati spot selfie di Pantai Wates Desa Tasikharjo, Kaliori, Rembang, yang merupakan sasaran gerakan BISA.

ASYIK: Wisatawan menikmati spot selfie di Pantai Wates Desa Tasikharjo, Kaliori, Rembang, yang merupakan sasaran gerakan BISA. (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG Empat wisata di Rembang disasar program gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Mulai pasar hingga pantai.

Program ini diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Disporapar Jawa Tengah. Sosialisasi memang diarahkan ke berbagai daerah. Salah satunya Rembang. Ada empat titik sasaran. Yakni Pasar Mbrumbung Desa Banggi, Kaliori, Pantai Karang Jahe Desa Punjulharjo, Pantai Wates Desa Tasikharjo, dan Pantai Caruban Desa Gedongmulyo.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Rembang Imam Maskur menekankan, agar wisata menjaga kebersihan. Bukan hanya bersih dari sampah, tapi juga dari perilaku-perilaku negatif. Kemudian indah, yaitu bagaimana membuat pengunjung betah berada dilokasi wisata. Selanjutnya sehat, agar jangan sampai lokasi wisata menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Ia memberi contoh di Pasar Mbrumbung. Yang kondisinya ramai tiap akhir pekan. Pihaknya meminta kepada pengelola agar secepatnya membuka Mbrumbung II. ”Untuk memecah masa di sini (Mbrumbung, Red). Karena ini luar biasa padatnya kalau Minggu,” katanya.

Ia meminta kepada pemerintah desa (pemdes) setempat untuk memberikan fasilitasi pembukaan Mbrumbung II. Selain itu, nantinya apabila terealisasi akan memberi dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat. ”Yang sangat sulit masalah jaga jarak. Yang lain-lain sudah saya nilai bagus,” katanya.

Dan yang Terakhir aman. Menurutnya, destinasi yang ada di rembang sudah memberikan keamanan bagi para pengunjung. Khusus untuk wahana air yang ada di pantai, pihaknya meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Rembang, agar menambah kemananan pengunjung pada tempat wisata laut khususnya yang menyewakan perahu.

”Mudah-mudahan sosialisasi program gerakan BISA (bersih, indah, sehat, aman) ini, bisa tersosialisasi kepada dunia wisata khususnya di Kabupaten Rembang tersosialisasi dengan baik,” tuturnya.

Dalam sosialisasi di Pasar Mbrumbung kemarin (19/11), juga dilakukan penyerahan bantuan sarana prasarana protokol kesehatan kepada pengelola. 

(ks/vah/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya