alexametrics
Jumat, 04 Dec 2020
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Antisipasi Penggalian, Pengerjaan City Walk Dilengkapi Ducting Cable

18 November 2020, 14: 35: 35 WIB | editor : Ali Mustofa

PENGERJAAN SESUAI: Pegawai Dinas PUPR Kudus mengecek pengerjaan city walk di Jalan Sunan Kudus kemarin siang.

PENGERJAAN SESUAI: Pegawai Dinas PUPR Kudus mengecek pengerjaan city walk di Jalan Sunan Kudus kemarin siang. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS - Penggarapan city walk di Jalan Sunan Kudus sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB). Atau sesuai dengan spesifikasi. Sekarang ini pengerjaannya mencapai 60 persen. Pengerjaannya di antaranya dilengkapi ducting cable untuk mengantisipasi penggalian.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus Arief Budi Siswanto menyatakan, dalam penyedian aksesori maupun material pihaknya memilih bahan pabrikan. Sekaligus pemilihan material disediakan secara baru.

”Material yang kami datangkan tidak setengah pakai. Ini sudah sesuai dengan spesifikasi,” terangnya saat meninjau pekerjaan city walk kemarin siang.

PERCANTIK KOTA: Tiang lampu untuk city walk di Jalan Sunan Kudus siap dipasang kemarin.

PERCANTIK KOTA: Tiang lampu untuk city walk di Jalan Sunan Kudus siap dipasang kemarin. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Dia menambahkan, sekarang ini progres pengerjaannya menunjukkan deviasi positif 30 persen. Proyek jalur pendestrian tersebut, sudah memenuhi target pengerjaan. Sekaligus akan selesai dikerjakan tepat waktu.

Pihaknya menyebut, sekarang ini proses pengerjaan dilakukan di jalur multifungsi dan pendestrian. Para pekerja tengah memasang lantai granit. Sekaligus perataan tanah di dekat perempatan Kojan.

Kendala pengerjaan, kata Arief masih pada kondisi cuaca yang sering turun hujan. Untuk mengejar target pekerjaan, para pekerja akan menggarap kembali setelah hujan reda.

Dalam pembangunan proyek pendestrian dilengkapi ducting. Atau material untuk jalur kabel tersendiri. Adanya jalur tersendiri ini, meminimalisasi penggalian kabel di tengah kota.

”Ducting untuk jalur kabel, sehingga di city walk tidak terjadi penggalian. Kami berharap bisa menerapkan ducting di jalan perkotaan lain,” terangnya.

Sementara itu, pantauan di lapangan, beberapa material telah didatangkan. Di antaranya, tiang lampu berwarna tembaga, lantai granit untuk jalur multifingsi, dan beberapa material lain. Gapura dan tempat ikon sedang proses pendirian.

Dari pemberitaan sebelumnya, selain digunakan untuk jalur pendestrian, city walk diperuntukan PKL saat malam hari. Masyarakat akan disajikan kuliner khas Kota Kudus. Sementara penyedian kantong parkir diterapkan pada bahu jalan di sebelah selatan.

Pengerjaan city walk ini, nilai kontraknya mencapai Rp 14,323 miliar. Panjang jalur pedestrian ininya 562 meter. Sementara lebar keseluruhan lebar badan jalan tujuh meter. Bahu jalan pada kanan dan kiri berkisar 1,5 meter. Sedangkan eksisting rata-rata adalah 22 meter. Dinas PUPR sendiri menargetkan pengerjaan city walk akan selesai pada 18 Desember mendatang. 

(ks/gal/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya