alexametrics
Rabu, 02 Dec 2020
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Klepu Jadi Rintisan Desa Wisata Berbasis Kemandirian Masyarakat

17 November 2020, 08: 47: 31 WIB | editor : Ali Mustofa

ALAMI: Salah satu sudut Desa Klepu dilihat dari Blok R Café.

ALAMI: Salah satu sudut Desa Klepu dilihat dari Blok R Café. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Desa Klepu, Keling akhirnya dicanangkan sebagai rintisan desa wisata berbasis kemandirian masyarakat. Pencanangan dilakukan secara langsung oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi akhir pekan kemarin.

Di Desa Klepu memiliki beberapa lokasi yang siap menjadi destinasi wisata. Salah satunya spot tulisan Rolet Klepu. Pemerintah desa melalui BUMDes juga memiliki café yang berlokasi di dekat jembatan Rolet. Pengelolannya diserahkan pada pemuda.

Selain itu, saat ini telah ada sentra makanan ringan. Yakni sentra pembuatan rengginang dan ceriping pisang.

UNIK: Tulisan Rolet Klepu menjadi salah satu daya tarik di Desa Klepu.

UNIK: Tulisan Rolet Klepu menjadi salah satu daya tarik di Desa Klepu. (Mufarih Ni'am For Radar Kudus)

Petinggi Desa Klepu Sutoyo akan menyiapkan kebun durian yang nanti bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi ketika ada yang berkunjung ke Desa Klepu. ”Kami berterima kasih atas dukungan Bupati Jepara terhadap rintisan desa wisata ini,” ungkapnya.

Ketua Karang Taruna Mufarih Ni'am mengatakan, kebijakan pemerintah Desa Klepu menjadikan destinasi wisata di area Jembatan Rolet didukung semua pihak. Baik BPD, RT, RW, karang taruna, sampai masyarakat. ”Sejak 2019 lalu kami dari kalangan pemuda mengelola Blok R Café. Satu-satunya café di wilayah Rolet milik desa. Kami tawarkan produk lokal, seperti kopi,” ungkapnya.

Mufarih berharap ke depan semua pihak ambil bagian dalam menjaga alam, sekaligus meningkatkan kualitas produk unggulan Desa Klepu. ”Kalau bisa menciptakan ciri khas,” katanya.

Sementara itu Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, pemerintah dan masyarakat Desa Klepu harus serius mempersiapkan berbagai hal untuk menjadi desa wisata. Mulai destinasi wisata, sarana prasarana penunjang, infrastruktur maupun kesiapan mental masyarakat dalam menerima kunjungan wisatawan. ”Pemkab siap memfasilitasi pengembangan Desa Klepu sebagai desa wisata. Caranya dengan membantu perbaikan infrastruktur jalan menuju lokasi wisata hingga pelatihan-pelatihan kelompok wisata,” imbuhnya. 

(ks/emy/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya