alexametrics
Rabu, 02 Dec 2020
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Optimalisasi Model Pembelajaran PBL berbasis E-Worksheet

16 November 2020, 10: 10: 37 WIB | editor : Ali Mustofa

Miftaqul Janah, S.Pd,; Guru Matematika SMK Pengudhi Luhur Karangrayung

Miftaqul Janah, S.Pd,; Guru Matematika SMK Pengudhi Luhur Karangrayung (DOK. PRIBADI)

Share this      

PENGGUNAAN E- Worksheet Interaktif dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19 ini menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat dirancang oleh guru terutama untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tersebut yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Interaktif untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Pengudhi Luhur Karangrayung

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Pengudhi Luhur Karangrayung dengan jumlah 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 24 Agustus 2020 sampai dengan 20 Oktober 2020.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Instrumen yang digunakan meliputi perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media Pembelajaran, Bahan Ajar, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan siswa dan hasil belajar siswa.

Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data hasil belajar siswa (kuantitatif), analisis data aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran (kualitatif), dan analisis ketercapaian kriteria ketuntasan minimum (KKM) pada nilai pengetahuan dan keterampilan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar matematika siswa pada siklus I meningkat dibandingkan skor dasar (sebelum tindakan), begitu juga dengan ketuntasan hasil belajar Matematika siswa pada siklus II mengalami peningkatan dibandingkan siklus I.

Ketuntasan hasil belajar pada skor dasar sebesar 60%,siklus I 70%,dan siklus II 85%. Jumlah siswa yang mencapai KKM 75 pada skor dasar sebanyak 12 siswa, siklus I sebanyak 14 siswa, dan siklus II sebanyak 17 siswa. Rata-rata keaktifan siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 25 % dari nilai rata-rata keaktifan 50% menjadi 75% nilai rata-rata keaktifan siswa pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis E Worksheet dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI Tata Busana SMK Pengudhi Luhur Karangrayung meskipun dengan kondisi sinyal yang tidak begitu baik.

(ks/top/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya