alexametrics
Rabu, 25 Nov 2020
radarkudus
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Darah Kobra Jadi Jamu, Daging Dirica-rica

15 November 2020, 14: 41: 13 WIB | editor : Ali Mustofa

BERKHASIAT: Darah kobra dipercaya menambah stamina bagi kaum laki-laki. 

BERKHASIAT: Darah kobra dipercaya menambah stamina bagi kaum laki-laki.  (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - Bagi sebagian orang, ular kobra diyakini memiliki khasiat. Darahnya dapat menambah daya stamina pria dewasa. Selain itu darahnya juga dapat digunakan sebagai jamu. Sedangkan dagingnya dapat dimasak untuk menghangatkan badan.

Desis kobra terdengar dari dalam kandang milik Sunaryo. Besi dengan ujung melengkung dimasukkan ke dalam kandang itu. Tiga ekor ular yang semula tak bergerak mulai agresif. Kepala ular berdiri tegak. Ujung besi yang melengkung segera dikaitkan ke badan kobra.

Tangan kiri Sunaryo adu cepat dengan gerakan ulat. Ia yang menang. Berhasil memegang ekor kobra dengan panjang satu meter itu. Tangan kanannya sudah ancang-ancang. Mengincar kepala kobra. Hap. Kobra tak berdaya. Kepalanya sudah dipegang Sunaryo. 

(M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Kepala dan tubuh ular dipisahkan. Darah yang mengucur tidak dibuang begitu saja. Sudah ada gelas di depan Sunaryo. Darahnya tak sampai memenuhi gelas. Dilanjutkan memisahkan kulit dengan daging ular. Menarik kulit dari ujung tubuh ular yang dipotong sampai ekor. Lalu dipotong menjadi beberapa bagian. 

Daging dicuci dan dimasukkan kuali presto. Sambil menunggu prose presto, Sunaryo meracik jamu kobra. Gelas yang sudah terisi darah kobra diberi perasan jeruk nipis, sum-sum, empedu, dan minuman suplemen.

Jamu kobra disajikan kepada pembeli. Arif, salah satu pelanggan warung jamu kobra langsung menenggaknya sekali tarikan napas. "Manis tidak amis bau darah. Harus langsung diminum," katanya. Sementara Sunaryo membuat bumbu rica-rica daging kobra. Proses presto membuat tekstur tulang ular jadi lunak. "Kalau mau makan kan lebih mudah. Tulang dan duri tidak keras," jelas Sunaryo yang menjajakan jamu kobra di pertigaan Dukuh Sekunir Desa Guyangan Bangsri itu. 

EKSTREM: Presto rica-rica ular kobra setelah dimakan badan terasa hangat.

EKSTREM: Presto rica-rica ular kobra setelah dimakan badan terasa hangat. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Arif menghabiskan satu piring rica-rica kobra bersama satu rekannya. Setelah makan daging kobra ia merasa badannya hangat. Sesekali ia mengucap keringat dari dahinya menggunakan tisu.

Soal khasiat, ia malah meyakini jamu kobra yang lebih terasa efeknya. Menurutnya bisa menambah stamina kejantanan. "Berhubungan suami istri lebih perkasa dan tahan lama. Beda dengan sebelum minum jamu kobra," ungkap Arif.

Lebih lanjut Sunaryo mengungkapkan kobra yang ia jajakan didapat dari tengkulak ular di Jepara. Ia mematok harga seporsi kobra Rp 75 ribu. Isinya paket rica-rica dan jamu kobra. 

(ks/war/him/top/JPR)

 TOP