alexametrics
Rabu, 25 Nov 2020
radarkudus
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Ratusan Desa di Kudus Ajukan Pembukaan Pertashop

14 November 2020, 12: 09: 09 WIB | editor : Ali Mustofa

BISNIS BARU: Petugas Pertashop di Desa Singocandi, Kota mengecek mesin pompa baru-baru ini.

BISNIS BARU: Petugas Pertashop di Desa Singocandi, Kota mengecek mesin pompa baru-baru ini. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Ratusan desa di Kudus mengajukan permohonan membuka Pertashop ke Pertamina. Saat ini di Kota Kretek baru ada dua desa yang mempunyai pom bensin mini itu.

Sales Branch Manager Pertamina MOR IV Wilayah Kudus dan Jepara Muhammad Faruq menjelaskan, pengajuan untuk buka Pertashop terus bertambah. Hampir 100 pemohon lebih. Namun, tetap ada kajiannya.

”Pertamina memang masih membuka peluang kerja sama dan kemitraan bisnis melalui kemitraan Pertashop. Apalagi di Kudus baru berdiri di dua tempat. Yakni di Desa Singocandi, Kecamatan Kota, dan Desa Klumpit, Kecamatan Gebog,” jelasnya.

Untuk mendirikan Pertashop, kata dia, harus memenuhi beberapa persyaratan. Seperti harus memiliki badan usaha. Bisa atasnama pribadi atau desa. Kemudian harus mendapatkan rekomendasi dari pemerintah desa setempat.

Persyaratan lainnya, memiliki lahan seluas 15x15 meter persegi dan jauh dari stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Setelah izin diajukan, Pertamina akan mengecek lokasi Pertashop.

”Layak atau tidak. Sudah sesuai standar yang ditetapkan Pertamina atau belum. Kami survei seluruhnya. Jadi, siapa saja bisa mendaftar. Namun, ada seleksi supaya aman,” terangnya.

Selain lahan, bentuk bangunan plus tangki penyimpanan bahan bakar minyak (BBM) juga harus berstandar dari Pertamina. Dan, baru BBM jenis pertamax yang dijual.

Faruq juga menerangkan, nantinya ada penjualan gas elpiji nonsubsidi dan pelumas. Untuk harga BBM  di pertashop sama dengan harga di SPBU.

Sementara itu distribusi BBM ke pertashop sekali pengiriman hingga 2.000 liter. Faruq mengaku, peluang pendirian Pertashop di Kudus, mendapatkan respons positif karena banyak yang berminat menjadi penyalur resmi BBM melalui kemitraan Pertashop.

(ks/san/lid/top/JPR)

 TOP