alexametrics
Minggu, 29 Nov 2020
radarkudus
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

14 November 2020, 12: 01: 54 WIB | editor : Ali Mustofa

BARANG BUKTI: Petugas Bea Cukai Kudus berhasil menunjukkan kemasan rokok ilegal yang diamankan di Demak.

BARANG BUKTI: Petugas Bea Cukai Kudus berhasil menunjukkan kemasan rokok ilegal yang diamankan di Demak. (BEA CUKAI KUDUS FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Bea Cukai Kudus mengungkap peredaran rokok ilegal. Total ada 228.000 batang rokok ilegal yang diamankan pada Kamis (12/11) dini  hari. Mobil pengangkut rokok dan pengemudi diamankan di Demak setelah dibuntuti petugas dari Jepara.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pengamanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus Gatot Sugeng Wibowo menyatakan, penindakan tersebut terjadi ketika tim mendapatkan informasi dan sedang patroli Kamis Pukul 00.30.

Pada informasi tersebut diketahui ada sebuah mobil yang memeuat barang kena cukai dari wilayah jepara. ”Pada pukul 01.10 tim melakukan penyisiran. Mobil pengangkut rokok ilegal tersebut melaju ke arah Semarang,” ungkapnya.

Pihak Bea Cukai Kudus tidak tinggal diam. Mereka mengejar mobil yang memuat rokok ilegal tersebut. Pengejaran itu akhirnya membuahkan hasil. Mobil pemuat rokok ilegal tersebut berhasil dihentikan oleh tim. Lokasinya berada Jalan Buyaran – Karangawen KM 04, Desa Donorejo, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak.

Petugas kemudian mengecek muatan mobil pikap Daihatsu Granmax. Lalu berhasil menemukan sigaret kretek mesin (SKN). Rokok tersebut dibungkus dalam kemasan sekaligus tanpa dilekati pita cukai.

”Untuk keperluan pemeriksaan lebih lanjut, seluruh barang bukti, mobil, serta sopir yang berinisial AS, 35, dan kernek berinisial LBR, 21, diamankan ke kantor,” ungkapnya.

Gatot menambahkan, dalam penindakan tersebut berhasil meringkus 228.000 batang SKM. Diperkirakan nilai barang dari penyitaan tersebut sekitar Rp 232.560.000. Atas insiden tersebut potensi kerugian negara sebanyak Rp 135.277.600. 

(ks/gal/lid/top/JPR)

 TOP