alexametrics
Minggu, 29 Nov 2020
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Mulai Normal, KMP Siginjai Rute Jepara-Karimunjawa Tambah Trip

14 November 2020, 10: 27: 35 WIB | editor : Ali Mustofa

TAMBAH TRIP: KMP Siginjai melalukan penambahan trip dari Jepara menuju Karimunjawa dan sebaliknya.

TAMBAH TRIP: KMP Siginjai melalukan penambahan trip dari Jepara menuju Karimunjawa dan sebaliknya. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - Saat ini KMP Siginjai mulai menambah trip dari Jepara menuju Karimunjawa dan sebaliknya. Sebelumnya hanya membuka 16 trip dalam bulan. Dengan begitu, dalam satu bulan, kapal tersebut menjadwalkan 24 trip.

Plt General Manager (GM) PT ASDP Kantor Cabang Jepara Mohamad Rivai kemarin menyampaikan, sebelum pandemi KMP Siginjai memiliki jadwal normal hingga 42 trip setiap bulan. Namun lantaran pandemi, jumlah trip mengalami penurunan hingga tersisa 16 trip saja selama beberapa bulan terakhir.

Pada pertengahan Oktober lalu, setelah aktivitas pariwisata dibuka secara bertahap dan terbatas, mulai ada peningkatan penumpang kapal. Banyak pula penumpang yang menginginkan adanya penambahan jadwal kapal KMP Siginjai.

”Jadi, sejak akhir Oktober lalu, kami putuskan untuk menambah trip mengikuti kebutuhan masyarakat. Akhir bulan itu kebetulan juga ada libur dan cuti bersama,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Sebelumnya dalam satu pekan ada dua trip dari Jepara menuju Karimunjawa, setiap Rabu dan Sabtu. Saat ini sudah ditambah satu trip setiap Senin. Sementara trip dari Karimunjawa menuju Jepara yang sebelumnya dibuka setiap Kamis dan Minggu saat ini ditambah Selasa. ”Baru berjalan tiga pekan ini,” jelasnya.

M Rivai menerangkan, KMP Siginjai lebih banyak mengangkut logistik masyarakat Karimunjawa. Selain itu, beberapa waktu terakhir juga ada bahan-bahan bangunan untuk pelaksanaan proyek di wilayah terluar Jepara itu. ”Untuk penumpang sedikit meningkat dibandingkan saat awal pandemi,” ungkapnya.

Jika kondisi aman, diperkirakan Desember mendatang akan ada peningkatan penumpang saat libur Natal dan tahun baru. ”Kalau ada lonjakan penumpang kemungkinan kami tambah trip lagi. Menyesuaikan kebutuhan masyarakat saja,” tuturnya.

M Rivai menambahkan, dalam melayani penumpang, pihaknya menerapkan protokol kesehatan khusus. Mulai memeriksa suhu dan surat hasil pemeriksaan kesehatan penumpang, pemakaian masker, hingga memberi jarak antarkursi penumpang.

”Kami terus melakukan evaluasi. Harapan kami semua pihak bisa bekerja sama mengedepankan pelaksanaan protokol kesehatan, agar Karimunjawa bisa tetap zona hijau,” imbuhnya. 

(ks/emy/lin/top/JPR)

 TOP