alexametrics
Kamis, 26 Nov 2020
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Air Kali Wiso Kini Menghitam dan Berbau karena Limbah Rumah Tangga

30 Oktober 2020, 14: 52: 33 WIB | editor : Ali Mustofa

LIMBAH: Kali Wiso berbau dan menghitam karena pembuangan limbah rumah tangga di kawasan kota.

LIMBAH: Kali Wiso berbau dan menghitam karena pembuangan limbah rumah tangga di kawasan kota. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Menghitam dan berbau. Begitulah penampakan Kali Wiso. Berdasarkan survei Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kali Wiso tercemar limbah rumah tangga.

Pantauan Jawa Pos Radar Kudus, sejak pertengahan bulan ini sepanjang dua kilometer Kali Wiso menghitam dan berbau. Setelah hujan lebat turun dalam sepekan, titik yang menghitam itu masih terlihat kehijauan. Mulai dari simpang jalan P. Syarif sampai muara Kali Wiso.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Jepara Ary Bachtiar menjelaskan setelah menerima laporan dan mengidentifikasi lokasi, diduga karena limbah rumah tangga. Limbah keluar dari saluran di permukiman sekitar kota. Lewat saluran Puskesmas Jepara,  Shopping Center Jepara,  Pasar Jepara I,  permukiman Ujungbatu, dan hulu Jembatan Cinta.

Ary melanjutkan, limbah rumah tangga dari kota kebanyakan langsung terbuang ke sungai. Penyebabnya tidak ada resapan. ”Tak heran pembuangan limbah dari rumah langsung ke selokan. Nah dari kemudian masuk saluran air dan berakhir di sungai,” katanya. 

(ks/war/mal/top/JPR)

 TOP