alexametrics
Rabu, 20 Jan 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Peduli Sesama, SKSG Bersama PMI Rembang Gelar Kegiatan Donor Darah

30 Oktober 2020, 13: 59: 52 WIB | editor : Ali Mustofa

Peduli Sesama, SKSG Bersama PMI Rembang Gelar Kegiatan Donor Darah

(Semen Gresik for Radar Kudus)

Share this      

REMBANG – Serikat Karyawan Semen Gresik (SKSG) bersama SG Oase Community menggelar kegiatan sosial berupa donor darah pada Selasa (27/10). Kegiatan sosial yang rutin setiap tiga bulan ini dipelopori oleh SKSG sebagai bentuk kepedulian terhadap menipisnya stok darah yang diperlukan PMI Rembang. Kegiatan ini berhasil mengumpulkan 107 kantong darah dari 106 pendonor yang berasal dari internal karyawan. Kegiatan ini dilakukan di Gedung Batu Kapur atas kerja sama dengan PMI Rembang.

“Tujuan dari kegiatan donor darah ini untuk membantu PMI menyediakan kantong-kantong darah di Kota Rembang. Stok darah di PMI Rembang itu menipis, terutama di masa pandemik ini, apalagi kita akan memasuki musim penghujan, stok darah semakin penting,” kata Kiagus Yonori Eka, selaku Ketua Umum SKSG.

Dalam mewujudkan kegiatan ini, selain menjalin kerja sama dengan PMI Rembang, SKSG dibantu oleh rekan-rekan karyawan yang tergabung dalam Oase Community. Para karyawan tersebut berasal dari berbagai unit dalam pabrik Semen Gresik di Rembang.

“Keikutsertaan panitia dibantu oleh 14 orang rekan-rekan karyawan Semen Gresik yang tergabung dalam Oase Community yang itu di bawah dari SKSG dan CSR,” kata Kiagus Yonori Eka.

Kegiatan donor darah kali ini cukup berbeda dari sisi prosedur dibandingkan dengan kegiatan di bulan-bulan sebelumnya, dikarenakan kondisi pandemik Covid-19. Dananto Adi Nugroho, selaku Wakil Ketua Umum SKSG dan Wakil Ketua Umum SG Oase Community menjelaskan tantangan kegiatan ini di tengah pandemi.

(Semen Gresik for Radar Kudus)

“Kegiatan donor darah tetap kita lakukan dengan protokol kesehatan seperti, peserta donor harus menggunakan masker, harus mengukur suhu tubuh, dan menerapkan physical distancing,” kata Dananto.

 “Sebelumnya kegiatan donor darah ini kita lakukan dua hari dan di dua tempat. Hari pertama di pabrik dan hari kedua biasanya di Kampus AKSI Rembang, namun karena pandemik kita maksimalkan satu hari di satu tempat,” sambung Dananto.

 Kegiatan donor darah ini dilakukan secara rutin setiap tiga bulan sekali sebagai bentuk kepedulian Semen Gresik terhadap kebutuhan stok darah di Kota Rembang.

(Semen Gresik for Radar Kudus)

“Selain karena alasan kemanusiaan, aksi peduli ini juga  bagian dari komitmen perusahaan yang ingin terus tumbuh berkembang bersama masyarakat serta berkontribusi positif untuk daerah, yang mana ini menjadi salah satu komitmen pelaksanaan kegiatan CSR PT Semen Gresik yang dituangkan dalam pilar program SG Sehat,” kata Dharma Sunyata, selaku Kepala Unit Komunikasi & CSR.

Kegiatan donor darah ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kesehatan karyawan Semen Gresik dan tumbuhnya rasa kepedulian antara sesama.

“Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat dan membuat tubuh lebih sehat, di mana hal itu tentunya akan berimbas pada produktivitas dan kinerja karyawan Semen Gresik,” kata Dharma Sunyata. 

(ks/top/top/JPR)

 TOP