alexametrics
Kamis, 26 Nov 2020
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Empat “Pil” Antarkan PIK R Lentera Jepara Juara II Tingkat Jateng

24 Oktober 2020, 17: 32: 53 WIB | editor : Ali Mustofa

UNIT USAHA: Nikmatul Kholidah, ketua PIK R Lentera (tengah) menunjukkan kedai kopi yang dikelola bersama para anggota.

UNIT USAHA: Nikmatul Kholidah, ketua PIK R Lentera (tengah) menunjukkan kedai kopi yang dikelola bersama para anggota. (NIKMATUL KHOLIDAH FOR RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Lentera Jepara berhasil meraih juara II tingkat Jateng. PIK R itu punya tiga program unggulan. Yakni Pil KB, Pil Insulin, dan Pil DS.

Hal tersebutlah yang pada akhirnya mengantarkan PIK R Lentera meraih juara terbaik 2 dalam penilaian PIK R tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dilakukan BKKBN Jateng baru-baru ini.

Nikmatul Kholidah, ketua PIK R Lentera mengatakan, mereka meraih juara II dalam penilaian PIK R tingkat Jateng. Di bawah PIK R Puspa Ceria dari Banjarnegara. ”Banyak tahapan yang kami lewati dalam penilaian di tingkat provinsi,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

RUNNER UP: Nikmatul Kholidah, ketua PIK R Lentera (tengah) bersama pendamping dari DP3AP2KB Jepara setelah meraih juara II dalam penilaian tingkat Jateng belum lama ini.

RUNNER UP: Nikmatul Kholidah, ketua PIK R Lentera (tengah) bersama pendamping dari DP3AP2KB Jepara setelah meraih juara II dalam penilaian tingkat Jateng belum lama ini. (NIKMATUL KHOLIDAH FOR RADAR KUDUS)

Tahapannya mulai seperti mengirimkan profil PIK. Dalam bentuk file dan video kegiatan. Ada juga penilaian langsung dari BKKBN Jateng ke basecamp PIK R Lentera.

Perempuan yang akrab disapa Ida ini menjelaskan, sejak berdiri 2016 PIK R Lentera didampingi PL KB Kecamatan Pecangaan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Jepara.

Organisasi tersebut memiliki tiga program unggulan. Yakni PIK Lentera Kreativitas Bersama (Pil KB), PIK Lentera Inspirasi untuk remaja lain (Pil Insulin), dan PIK Lentera Desa Sejahtera (Pil DS).

Masing-masing progam itu dijabarkan lagi dalam berbagai kegiatan. Misal untuk PIL KB, ada gerakan antinarkoba bertajuk genk motor anti Napza (Genta), pelatihan sket gambar (PS), dan  pementasan nguri-uri budaya (Ribut).

Sementara untuk Pil Insulin beberapa kegiatan di antaranya sosialisasi Triad KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja), enterpreneur training, hingga pendampingan life skill.

PIK R Lentera juga memiliki usaha bersama di bidang kuliner. Yakni kopi kampung yang sudah berjalan selama tiga tahun. Memberdayakan para anggota yang belum punya pekerjaan. Terutama mantan anak punk dan geng motor.

”Harapannya mampu mengasah jiwa wirausaha dan dapat meningkatkan perekonomian anggota. Sebagian keuntungannya juga digunakan untuk kas PIK,” ujarnya.

Sementara itu dengan prestasi yang diraih saat ini, Ida berharap, bisa memacu semangat para anggotanya dan menjadi inspirasi bagi PIK R lain di Kota Ukir. ”Kami mengucapkan terima kasih pada DP3AP2KB yang selalu mendampingi dan memberi arahan pada kami,” imbuhnya. 

(ks/emy/lid/top/JPR)

 TOP