alexametrics
Kamis, 26 Nov 2020
radarkudus
Home > Politik
icon featured
Politik

Malam Ini Sahabat Hanies Gelar Pergelaran Wayang Kulit Virtual

24 Oktober 2020, 11: 08: 12 WIB | editor : Ali Mustofa

Malam Ini Sahabat Hanies Gelar Pergelaran Wayang Kulit Virtual

REMBANG - Relawan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) H Abdul Hafidz - Mochamad Hanies Cholil Barro' (Hafidz-Hanies) yang tergabung dalam Sahabat Hanies menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk secara virtual Sabtu (24/10) malam ini. Pagelaran wayang kulit secara virtual itu akan menghadirkan sembilan dalang asli Rembang.

Koordinator Relawan Sahabat Hanies Iwan Thomasfa mengatakan, sembilan dalang yang dihimpun untuk pagelaran wayang kulit virtual yaitu Ki Gondrong AL Frustasi, Ki Sabto Wandoyo, Ki Agus Pramono, Ki Sukato, K H Ekwan Sudiarto, Ki Supriyadi, Ki Sukirno, Ki Ali Grendel dan Ki Pasir.

''Sembilan dalang itu akan mementaskan lakon Gatotkaca Winisudha bagi pengemar wayang di Kabupaten Rembang,'' katanya.

Menurut Iwan, pegelaran wayang secara virtual itu merupakan salah satu upaya untuk terus menghidupkan seni tradisi di masa pandemi.

''Di masa pandemi seperti ini, seniman seni tradisi praktis tidak beraktivitas. Kami mencoba untuk memberikan ruang kepada seniman seni tradisi di Kabupaten Rembang untuk mengekspresikan diri melalui pentas virtual,'' ujarnya.

Warga, lanjut Iwan, bisa menyaksikan pagelaran wayang kulit itu melalui saluran jejaring media sosial Facebook Gus Hanies atau melalui aplikasi meeting Zoom dengan ID 83414713485. ''Kami akan mulai buka saluran pada Sabtu mulai pukul 20. 00,'' katanya.

Pihaknya sangat berharap dengan pementasan secara virtual itu, geliat seni tradisi di Kabupaten Rembang yang mati suri selama pandemi Covid-19 ini perlahan-lahan bisa bangkit kembali.

''Di waktu lain, kami juga akan mengandeng kesenian tradisional lain untuk pentas secara virtual. Sejauh ini kami juga sudah menggelar pentas secara virtual untuk para pemusik dangdut, pop, jazz, kasidah, dan lain-lain secara rutin setiap Sabtu malam,'' ungkapnya. 

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya