alexametrics
Kamis, 26 Nov 2020
radarkudus
Home > Politik
icon featured
Politik

Paslon Nomor Urut 1 Harno-Bayu Ingin Santri Mandiri Ekonomi

23 Oktober 2020, 09: 10: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

BERHARAP BERKAH: Paslon nomor urut satu Harno-Bayu hadir pada acara khataman Alquran dan tahlil di makam Syeh Hamzah yang digelar Relawan Sorban Biru kemarin.

BERHARAP BERKAH: Paslon nomor urut satu Harno-Bayu hadir pada acara khataman Alquran dan tahlil di makam Syeh Hamzah yang digelar Relawan Sorban Biru kemarin. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG – Beragam kegiatan mewarnai perayaan Hari Santri di Kabupaten Rembang. Di antaranya menggelar khataman Alquran dan tahlil di makam Syeh Hamzah di Binangun, Lasem, yang  diselenggarakan Relawan Sorban Biru “Sobat Harno-Bayu”.

Turut menghadiri kegiatan tersebut paslon bupati dan wakil bupati nomor urut satu Harno-Bayu Andriyanto. Keduanya bersama-sama para hafidz Alquran dan santri dari jaringan Sorban biru perwakilan se-Kabupaten Rembang tampak khusuk mengikuti kegiatan tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut KH. Mu'allim Alhafidz, KH. Asyrofi Alhafidz, KH. Adib Ahmad, Kiai Utsman, Kiai Subhan Syukur, Kiai Ridwan, dan Gus Wajih.

  Momentum ini sebagai bentuk ikhtiar bagi Rembang bisa damai dalam menghadapi pilkada dan bebas dari Covid-19. Prosesi ditutup doa bersama untuk tolak balak.

Ketua Relawan Sorban Biru Ahmad Baligh menyampaikan, Kabupaten Rembang tidak lepas dengan simbol santri dan laut. Makanya hari santri tingkat nasional juga dekat pantai.  Semuanya saling melekat.

”Acara bertempat di makam Adipati Binangun pertama. Karena apa? Kita sebagai santri harus tahu terima kasih kepada lelulur,” jelasnya.

 Untuk itu digelar Khotmil Quran bilgoib dan binadzor oleh para santri Relawan Sorban Biru. Dilanjutkan tahlil dan do'a oleh KH. Adib Ahmad. Ditutup nyekar di makam Adipati pertama Binangun bersama paslon nomor urut satu H. Harno dan H. Bayu Andriyanto.

”Lewat ikhtiar ini harapan kami bisa membuat Kabupaten Rembang tetap damai, ayem serta tenteram. Kami juga berharap Rembang segera bebas dari Covid,” ungkapnya.

Sementara itu calon wakil bupati Rembang nomor urut 1 Bayu Andriyanto berharap peringatan Hari Santri Nasional (HSN) dapat menjadi momentum bagi pesantren untuk dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas para santri. Lulusan pesantren harus lebih dapat diperhitungkan di kancah yang lebih luas.

Oleh karena itu, para santri tidak boleh hanya dibekali kemampuan berdakwah dan mengaji, tetapi juga kemampuan lain yang kelak berguna ketika mereka telah menyelesaikan pendidikannya. Para santri juga harus memiliki bekal keterampilan wirausaha. Hal ini sebagai upaya mewujudkan kemandirian ekonomi.

”Jika tema peringatan HSN tahun ini adalah Santri Sehat, Indonesia Kuat. Semoga sama di Rembang, yaitu Santri Sehat, Rembang Maju," ungkapnya Bayu Andriyanto yang juga Ketua DPD Nasdem Rembang ini.

Kehadiran pasangan calon nomor urut satu dalam momen tersebut tak hanya bertepatan dengan pesta demokrasi. Tetapi juga dalam rangka menghormati para leluhur di Rembang.”Kegiatan menika kita doake sareng-sareng. Selain hari santri, kita doake mugi-mugi Kabupaten Rembang saget maju. Rakyat sejahtera. Baldatun Thoyibatun Warobbun Ghofur,” imbuhnya.

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP