alexametrics
Sabtu, 23 Jan 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

IAIN Kudus akan Bertransformasi Jadi UIN

22 Oktober 2020, 10: 53: 06 WIB | editor : Ali Mustofa

SINERGI: Wakil Rektor III IAIN Kudus Dr. H.Ihsan, M.Ag dan Direktur Radar Kudus Baehaqi menemui mahasiswa IAIN Kudus yang sedang KKL di kantor Radar Kudus kemarin.

SINERGI: Wakil Rektor III IAIN Kudus Dr. H.Ihsan, M.Ag dan Direktur Radar Kudus Baehaqi menemui mahasiswa IAIN Kudus yang sedang KKL di kantor Radar Kudus kemarin. (RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS,Radar Kudus– Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus terus berupaya memperbaiki kualitas. Agar bisa segera beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Pihak kampus menargetkan transformasi tersebut dicapai pada 2022.

Hal itu diungkapkan Wakil Rektor III IAIN Kudus Dr. H. Ihsan, M.Ag dalam kunjungannya ke kantor Radar Kudus kemarin. Ihsan langsung ditemui Direktur Radar Kudus Baehaqi beserta para manajer dan kepala biro di Joglo Radar Kudus.

Ihsan menyampaikan pihak kampus telah melakukan sejumlah langkah untuk mencapai terget itu. Salah satunya terkait kebutuhan pengembangan lahan untuk pembukaan fakultas dan program studi baru. Selain itu juga untuk pembangunan gedung laboratorium dan sport center untuk sarana kemahasiswaan.

”Pengembangan lahan menjadi salah satu persyaratan transformasi menjadi UIN. Ini menjadi tantangan terbesar kami,” katanya.

IAIN Kudus saat ini memiliki lahan seluas 7,6 hektare. Masih butuh sekitar 20 hektare lagi untuk mencapai persyaratan menjadi UIN. Pihaknya pun berharap kepada stakeholder untuk bersinergi dalam rangka pengembangan ini.

Hingga saat ini, IAIN Kudus memiliki progres signifikan dalam tiga tahun terakhir. Seperti program reformasi birokrasi (RB) dan Zona Integritas WBK/WBBM. Selain itu, IAIN Kudus menjadi satu dari dua PTKIN yang lolos mewakili Kemenag dalam PMPZI-WBK/WBBM KemenpanRB Tahun 2020. IAIN Kudus juga telah mendapat sertifikasi ISO 9001:2015 (No. QSC 01716). Memiliki jurnal bereputasi international terindeks Scopus Q1, Jurnal QIJIS IAIN Kudus terindeks scopus Q1 peringkat 2 PTKIN se-Indonesia (Scimago Indeks).

”Saat ini kami juga sedang membangun jaringan dan mengajak teman-teman untuk masuk dalam pusaran IT termasuk media. Salah satunya dengan menjalin kerjama dengan Radar Kudus dalam program praktik lapangan,” katanya.

Dirinya berharap dengan ilmu yang didapat secara langsung dari perusahaan media yang diperhitungkan di eks-karisidenan Pati, IAIN Kudus memiliki SDM yang berkualitas.

Kerja sama dengan Radar Kudus selama ini sangat baik. Ihsan berharap kerja sama bisa ditingkatkan.

”Kami ingin ada keterlibatan Radar Kudus dalam even-even kampus kami,” jelasnya.

Direktur Radar Kudus Baehaqi mengungkapkan kerja sama dibangun dengan IAIN Kudus selama ini sangat baik. Mulai dari pemberitaan, even tahunan, serta menjadi lokasi penempatan mahasiswa IAIN Kudus untuk Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

”Salah satu kegiatan besar kami bersama IAIN Kudus adalah Festival Pelajar. Juga pelatihan jurnalistik,” tegasnya.

Setelah jagong gayeng di Joglo Radar Kudus, Baehaqi kemudian mengajak Ihsan berkeliling ke lantai satu dan ke ruang redaksi di Radar Kudus Building. Di situ Ihsan bertemu mahasiswa IAIN Kudus yang KKL. Juga diperlihatkan karya 3D Wall Magazine. 

(ks/zen/daf/top/JPR)

 TOP