alexametrics
Sabtu, 31 Oct 2020
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Jelang Pilkada, Dinas Dukcapil Rembang Siapkan 13 Ribu KTP Baru

17 Oktober 2020, 13: 52: 05 WIB | editor : Ali Mustofa

DATANG LANGSUNG: Warga mengunjungi Kantor Dukcapil Rembang untuk mengurus KTP beberapa waktu lalu.

DATANG LANGSUNG: Warga mengunjungi Kantor Dukcapil Rembang untuk mengurus KTP beberapa waktu lalu. (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Rembang menyiapkan 13 ribu lebih Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mencukupi kebutuhan warga dalam menyalurkan hak pilih pada Pilkada Desember mendatang. Jumlah ini diklaim mampu melengkapi kekurangan KTP pada Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dari rekapitulasi DPT Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang tercatat 490.687 pemilih yang  terdiri dari 244.074 pemilih laki-laki dan 246.613 pemilih perempuan. Dari data tersebut masih ditentukan  pemilih yang belum mengantongi KTP sejumlah 4.439 pemilih dan 2.044 masih dalam bentuk surat keterangan. Padahal, dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) setiap pemilih diwajibkan membawa KTP saat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Menanggapi hal ini Kepala Dukcapil Rembang Daenuri menyampaikan pihaknya sudah membagi sekitar 5.800 KTP. Pekan ini juga akan dibagi lagi sekitar 8.081. "Jadi KTP yang akan dibagi kurang lebih 13.882 mungkin," katanya.

Pihaknya juga akan mengundang warga yang belum merekam menurut data Dukcapil ada sekitar 13 ribu. Mekanismenya, lanjut Daenuri, akan jemput bola melalui kecamatan, kemudian diteruskan ke desa-dasa yang kemudian dilanjutkan kepada masing-masing RT dan RW.

"Itu program kami sendiri. Kalau memang dimanfaatkan dalam pilkada malah bagus," ujarnya.

Ditanya terkait target, ia menyebutkan tidak bisa menarget secara pasti kapan kekurangan KTP ini bisa selesai. "Setelah warga saya beri undangan tapi tidak datang, gimana saya mau mengejar," imbuhnya.

Meski demikian, ia memastikan, semua warga yang belum merekam sebelum hari pemilihan akan diundang semua.

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP