alexametrics
Sabtu, 31 Oct 2020
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Plt Bupati Kudus Hartopo: Kolaborasi UMKM dan Wisata Kuatkan Ekonomi

16 Oktober 2020, 16: 35: 57 WIB | editor : Ali Mustofa

PRODUK KUDUS: Plt Bupati Kudus berbincang dengan UMKM yang memproduksi madu.

PRODUK KUDUS: Plt Bupati Kudus berbincang dengan UMKM yang memproduksi madu. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Kolaborasi antara UMKM dan wisata diperlukan untuk penguatan ekonomi di masa pandemi. Misalnya, pembuatan oleh-oleh khas yang disediakan di desa-desa wisata Kota Kretek.

Plt Bupati Kudus Hartopo mengharapkan masyarakat bisa memanfaatkan peluang itu. Sebanyak 15 desa yang telah ditetapkan jadi desa wisata harus berinovasi. Mengolaborasikan konsep desa wisata dan UMKM yang ada di sana. ” Para pengelola wisata diharapakan bisa memberikan oleh-oleh khas di daerahnya,” jelasnya.

Pemkab Kudus telah memberikan SK kepada 15 desa wisata. Terdiri dari Desa Dukuhwaringin, Terban, Kandangmas, Kaliputu, Loram Kulon, Tanjungrejo, Jepang, Margorejo, Temulus, Padurenan, Ternadi, Rahtawu, Wates, Wonosoco, dan Jurang.

Selain itu, kata Hartopo, perlu peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  untuk mendampingi desa-desa itu. Kemudian berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kudus dalam pendampingan UMKM lokal. ”Kalau bisa harus ada oleh-oleh dan inovasi di desa wisata, itu lebih bagus,” tambahnya.

Kabid Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Mutrikah mengatakan, suvenir atau oleh-oleh khas desa wisata penting untuk menarik pengunjung. Mereka akan punya kesan setelah berkunjung ke desa wisata.

”Kami menggandeng Dinas Perindustrian untuk memberikan pelatihan pembuatan suvenir di tiap desa,” tambahnya.

Hartopo mengatakan, saat ini pemerintah tidak menekan laju perekonomian. Menerutnya sektor tersebut harus berjalan. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19. ”Pastinya omset saat ini berkurang. Namun pemerintah tidak membatasi berjalannya sektor perekonomian,” katanya. 

(ks/gal/lid/top/JPR)

 TOP