alexametrics
Jumat, 30 Oct 2020
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Wisatawan Pertama Bertolak ke Karimunjawa Dilepas Bupati Hari Ini

Satu Pekan Dibatasi 100 Pengunjung

16 Oktober 2020, 13: 49: 19 WIB | editor : Ali Mustofa

PATUHI PROKES: Wisatawan yang akan menuju Karimunjawa dalam kegiatan simulasi reaktivasi obyek wisata Karimunjawa bulan lalu.

PATUHI PROKES: Wisatawan yang akan menuju Karimunjawa dalam kegiatan simulasi reaktivasi obyek wisata Karimunjawa bulan lalu. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - Pembukaan objek wisata Karimunjawa secara bertahap dan terbatas dimulai hari ini. Untuk kali pertama reaktivasi, wisatawan yang akan bertolak menuju Karimunjawa akan dilepas Bupati Jepara.

Hingga sore kemarin, tercatat ada sekitar 20 wisatawan yang akan menuju Karimunjawa pada hari pertama pembukaan. Hal ini sebagaimana yang disampaikan Ketua Perkumpulan Biro Wisata Karimunjawa Arif Setiawan.

Arif mengatakan, berdasarkan data wisatawan yang dikumpulkan dari biro-biro wisata, ada sekitar 20 wisatawan. ”Semuanya dari luar Jepara,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Arif menyampaikan, untuk pembukaan objek wisata tahap pertama ini, memang dilakukan secara terbatas. Jumlah wisatawan dibatasi 100 orang per pekan. Semuanya juga harus mematuhi protokol kesehatan. ”Untuk wisatawan atau penduduk luar Karimunjawa disyaratkan membawa surat hasil rapid test dengan keterangan nonreaktif,” ungkapnya.

Hal ini sebagai upaya pencegahan agar tidak terjadi penularan virus Covid-19 setelah kegiatan pariwisata dibuka. ”Kami pelaku wisata juga siap untuk menerapkan protokol kesehatan demi keamanan bersama,” tuturnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Zamroni Lestiaza melalui Kabid Pariwisata Nur Zuhruf mengatakan, akan ada pelepasan wisatawan secara simbolis yang menuju Karimunjawa pagi ini. ”Sekitar pukul 08.30 akan dilepas oleh bupati Jepara,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, reaktivasi objek wisata Karimujawa dimulai hari ini. Kepastian ini sebagaimana yang tertuang dalam surat dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Nomor 556/2560 tentang Rekomendasi Pembukaan Karimunjawa secara Bertahap dan Terbatas. Kemudian ditindaklanjuti dengan surat rekomendasi bupati Jepara.

Dalam surat rekom bupati Jepara itu dijelaskan, kawasan wisata Karimunjawa bisa dibuka kembali untuk kegiatan kepariwisataan dengan memperhatikan beberapa hal. Mulai dari mematuhi peraturan yang berlaku berkaitan dengan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM), menerapkan protokol kesehatan, serta selalu berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 kabupaten. 

(ks/emy/lin/top/JPR)

 TOP