alexametrics
Jumat, 30 Oct 2020
radarkudus
Home > Blora
icon featured
Blora

Disperinaker Blora Bahas UMK 2021 setelah Omnibus Law Beres

16 Oktober 2020, 11: 05: 19 WIB | editor : Ali Mustofa

Disperinaker Blora Bahas UMK 2021 setelah Omnibus Law Beres

BLORA - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Blora belum membahas upah minimum kabupaten (UMK) 2021. Karena masih menunggu persetujuan Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law dari Presiden Joko Widodo.

Kasi Hubungan Industrial pada Disperinaker Blora Moh. Khomsin mengatakan, belum ada tembusan turunan perintah terkait mekanisme penyusunan UMK. Baik dari pemerintah pusat maupun provinsi.

”Kami masih menunggu dari pusat, undang-undangnya bagaimana. Untuk UMK lima tahun itu ada evaluasi, itu juga seperti apa,” ujar Khomsin kemarin.

Lebih lanjut, kata Khomsin, ada aturan baru yang termaktub dalam UU Cipta Kerja. Namun hingga kemarin, belum jelas apakah regulasi tersebut benar-benar diberlakukan. "Ada UU baru kami juga belum tahu peraturan pemerintahnya seperti apa. Pokoknya kami menunggu pusat. Undang-undangnya seperti apa, regulasinya seperti apa,” tandasnya.

Terkait penyusunan UMK, kata dia, biasanya mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi maupun inflasi. Untuk diketahui, saat ini UMK Blora sebesar Rp 1,834 juta. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp 8,51 persen dibanding tahun sebelumnya. Pada 2019, UMK Blrora Rp 1,690 juta. 

(ks/ful/lid/top/JPR)

 TOP