alexametrics
Sabtu, 31 Oct 2020
radarkudus
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Penjelasan Dinas Perdagangan Soal Jam Buka Minimarket Normal Lagi

16 Oktober 2020, 09: 50: 36 WIB | editor : Ali Mustofa

MINIMARKET: Salah satu minimarket di Kecamatan Kota memberi pengumuman kepada pelanggan (sebelum korona).

MINIMARKET: Salah satu minimarket di Kecamatan Kota memberi pengumuman kepada pelanggan (sebelum korona). (INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS - Dinas Perdagangan mencabut aturan jam buka minimarket selama pandemi. Dengan pencabutan ini, otomatis jam buka minimarket kembali normal. Yakni pukul 10.00 hingga pukul 22.00.   

Hal itu ditandai dengan pencabutan surat edaran No. 360/241/17.02/2020 tentang jam buka toko swalayan selama status tanggap darurat Covid-19. Yakni buka pukul 07.00 dan tutup pukul 22.00.

Kepala Dinas Perdagangan Sudiharti melalui Kasi Fasilitasi Perdagangan Teddy Hendrawan mengatakan, dikembalikannya jam buka toko swalayan sesuai dengan Perda No.12 Tahun 2017 tentang Penataan dan Pembinaan Toko Swalayan.

”Ini kebijakan pemkab. Di dalam Perbup No. 41 Tahun 2020 dijelaskan ada jam buka, protokol kesehatan, dan pembatasan kunjungan. Namun, kurang detail, sehingga dijelaskan lebih detail adanya SK dari kepala Dinas Perdagangan,” jelasnya.

Dia menambahkan, ada poin-poin yang perlu dijabarkan. Pertama soal jam buka toko swalayan dikembalikan semula. Yakni pukul 10.00 hingga pukul 22.00.

Kedua, jumlah pengunjung dihitung dari luas lasar ruang di luar tempat pendasaran untuk pengunjung berlalu lalang kali 50 persen.

Teddy menambahkan, draf SK sudah disusun. Secepatnya akan disahkan.

Terkait jam operasional minimarket, sudah cukup lama diberikan kelonggaran membuka jam operasional.

”Ya, memikirkan warung-warung kecil, supaya kembali stabil. Ini kebijakan Pemkab. Nantinya, SK kepala Dinas Perdagangan juga dilaporkan pada Plt Bupati Kudus Hartopo,” ungkapnya.

Teddy juga menambahkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga meminta laporan harian terkait kondisi di pasar, fasilitas, protokol kesehatan, hingga yang terpapar korona.

Selain itu juga stok kebutuhan bahan pokok dan harga juga dipantau. Teddy mengatakan, perlu dikembalikan sesuai aturan semula. Karna sudah ada Perda tersendiri yang mengatur tata aturan toko swalayan atau minimarket.

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP