alexametrics
Sabtu, 31 Oct 2020
radarkudus
Home > Politik
icon featured
Politik

KPU Rembang Temukan Ribuan DPT Belum Kantongi KTP

15 Oktober 2020, 15: 33: 36 WIB | editor : Ali Mustofa

KPU Rembang Temukan Ribuan DPT Belum Kantongi KTP

REMBANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang masih menemukan ribuan pemilih yang belum mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. Padahal, dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) setiap pemilih diwajibkan membawa KTP saat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Terkait dengan KTP ini, kata Ketua KPU Rembang M Ika Iqbal Fahmi, peraturan saat ini menyebutkan dalam hari pemilihan pemilih diwajibkan membawa KTP Elektronik. "Diwajibkan membawa KTP Elektronik. Tidak membawa KTP Sementara seperti pemilu 2019 kemarin," katanya.

Pihaknya sudah membaca berita dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang memang menyebutkan bahwa KTP Elektronik harus dibawa saat datang ke TPS. Ia sudah mendata dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan. Masih ada 4.439 pemilih yang belum memiliki KTP Elektronik. Selain itu juga masih ada yang masih mengantongi surat keterangan sejumlah 2.044 pemilih.

Untuk hal ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Rembang. Sampai saat ini masih ada waktu untuk perekaman sebelum hari pemilihan. Sebelumnya, hasil rekap di masing-masing kecamatan tercatat ada 490.690 pemilih.

Kemarin, diadakan Rapat Pleno Terbuka terkait penetapan DPT. Yang juga dihadiri perwakilan Tim Pemenangan Harno,  –Bayu Andriyanto dan Perwakilan Tim Pemenangan Abdul Hafidz – Mochamad Hanies Cholil Barro’, Bawaslu Rembang, Polres Rembang, Kodim 0720 Rembang, OPD, serta PPK se-Rembang

Jumlah DPT yang ditetapkan sebanyak 490.687 pemilih yang  terdiri dari 244.074 pemilih laki-laki dan 246.613 pemilih perempuan. 

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP