alexametrics
Sabtu, 31 Oct 2020
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

Pemkab Pati Bukukan Pendapatan Rp 2,1 Triliun di Kuartal Tiga

15 Oktober 2020, 14: 45: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

Bupati Pati Haryanto

Bupati Pati Haryanto (Prokompim Pati for Radar Kudus)

Share this      

PATI – Pemkab Pati berhasil membukukan pendapatan hingga 82 persen atau senilai dengan Rp 2,1 triliun pada akhir kuartal ke tiga. Meski demikian, pencapaian ini masih belum mencukupi target yang direncanakan yakni Rp 2,6 triliun.

Kepala BPKAD Pati Turi Atmoko menguraikan, pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 286 miliar atau 83 persen per 30 September.  Sedangkan targetnya hingga RP 341 miliar.

Turi menyoroti pajak hiburan yang pendapatannya masih rendah. Ini lantaran dampak pandemi covid-19. Bisnis hiburan secara umum memang terpengaruh kondisi tersebut.

"Dari 11 Sektor Pajak, seluruhnya sudah memenuhi targer kinerja 75%, kecuali sektor pajak hiburan yang realisasinya masih rendah,” terang Turi.

Bupati Haryanto membernarkan terjadinya pandemi memang turut memengaruhi pendapatan sektor pajak. Namun sektor pajak yang tidak terdampak secara langsung mestinya pendapatnnya tidak rendah.

Karena, kata dia, pihaknya telah menyiapkan perangkat hukum yakni Perbup Noomr 66 Tahun 2020. Dengan regulasi itu aktivitas usaha terkait pendaptan sektor pajak dapat tetap beroperasi.

”Seperti perhotelan dan restoran tetap dapat beroperasi meski bisnis hiburan belum bisa,” kata Haryanto. 

(ks/him/top/JPR)

 TOP