alexametrics
Jumat, 23 Oct 2020
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Dua Pasar di Jepara Jadi Sasaran Operasi PKM, Ini yang Ditemukan

15 Oktober 2020, 13: 55: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

EDUKASI: Petugas Satpol PP Jepara memakaikan masker pada salah stau pelanggar protokol kesehatan dalam operasi PKM kemarin.

EDUKASI: Petugas Satpol PP Jepara memakaikan masker pada salah stau pelanggar protokol kesehatan dalam operasi PKM kemarin. (Diskominfo For Radar Kudus)

Share this      

JEPARA – Dua pasar di Kabupaten Jepara menjadi sasaran operasi gabungan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) kemarin. Pasar tersebut yakni Pasar Mlonggo dan Pasar Jepara Satu (Pasar Ratu).

Dalam operasi tersebut, total ada 42 pelanggar yang tidak mengenakan masker di dua pasar yakni 21 (laki-laki 13 orang dan perempuan 8 orang) pelanggar di Pasar Mlonggo serta 25 orang (laki-laki 21 dan 4 perempuan).

Kepala Satpol PP Jepara Abdul Sukur melalui Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan, Ketertiban Umum, dan Ketenteraman Masyarakat, Anwar Sadat mengatakan, operasi gabungan kemarin dilakukan bersama Satpol Provinsi Jawa Tengah, dan anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Tujuan operasi gabungan tersebut, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan. Terlebih masyarakat yang beraktivitas di lokasi perbelanjaan.

Dalam operasi tersebut, pihaknya melakukan penindakan pada masyarakat yang tidak patuh protokol kesehatan. ”Ini sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 52  Tahun 2020 tentang Tertib Protokol Kesehatan di masa pandemi Covid-19 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat,” terangnya.

Anwar sadat menjelaskan, masyarakat yang kedapatan tidak mengenakan masker dikenakan sanksi. Mulai teguran dan pencatatan identitas, lalu push up, menghafal lagu kebangsaan sampai memberlakukan sanksi administrasi.

Selain menyisir dua pasar tersebut, Anwar Sadat menjelaskan, pihaknya juga mengedukasi warga ke beberapa lokasi yang disinyalir berpotensi menimbulkan kerumun seperti rumah makan, cafe, dan tempat wisata.

Sementara itu Kepala Satpol PP Jepara, Abdul Sukur mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik adanya kolaborasi untuk menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan.

Dari hasil operasi, Abdul Syukur menyebut, lebih banyak masyarakat di pasar yang sudah memakai masker. ”Artinya banyak warga masyarakat yang sudah mentaati protokol kesehatan (prokes). Kami berharap semua warga masyarakat semakin sadar sehingga Kabupaten Jepara bisa kembali ke zona hijau,” imbuhnya. 

(ks/him/emy/top/JPR)

 TOP