alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarkudus
Home > Politik
icon featured
Politik

KPU Rembang Cetak Kertas Surat Suara Pilkada Sebanyak 502 Ribu

14 Oktober 2020, 21: 44: 54 WIB | editor : Ali Mustofa

KPU Rembang Cetak Kertas Surat Suara Pilkada Sebanyak 502 Ribu

REMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hari ini. Data ini akan dijadikan dasar untuk mencetak surat suara. Jumlahnya lebih dari 502 ribu.

Seperti yang  diketahui, tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Rembang saat ini sudah memasuki masa kampanye. Jika dihitung sampai hari ini sudah masuk pada hari ke-19. Setelah tanggal 26 September. Tahapan lain paling dekat adalah penetapan DPT. Yang akan dilaksanakan hari ini. ”Besok pagi (hari ini, Red) kami akan rekap penetapan DPT," kata Ketua KPU Rembang M Ika Iqbal Fahmi kemarin. 

DPT, lanjut dia, akan dijadikan dasar untuk mencetak surat suara. Sementara ini, terkait daftar pemilih hasil rekap di masing-masing kecamatan tercatat ada 490.690 pemilih. Jumlah ini berbeda saat KPU menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) beberapa waktu lalu.

Dari hasil rapat pleno terbuka tentang hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan DPS tingkat kabupaten, diketahui, ada 491.753 pemilih. Yang tersebar pada 1.365 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Setelah itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rembang memberikan rekomendasi perbaikan.

Sebab ditemukan 1.834 pemilih yang terdaftar DPS tidak memenuhi syarat (TMS). Jika dirinci, terdiri dari 671 pemilih yang sudah meninggal, 239 pemilih pindah domisili, 11 pemilih yang tidak dikenal atau bukan penduduk setempat, 913 pemilih berpotensi ganda, 147 pemilih yang memenuhi syarat tapi belum masuk DPS, 24 pemilih perbaikan identitas, serta 78 pemilih disabilitas.

KPU Rembang kemudian memverifikasi melalui jajaran PPK dan PPS. Dan, hasilnya ditetapkan ada 490.690 pemilih tadi. Yang akan dijadikan acuan dalam mencetak kotak suara dengan menambah 2,5 persen dari jumlah DPT. Sehingga diperkirakan ada lebih dari 502 ribu surat syara.

KPU Rembang sudah berkomunikasi dengan KPU RI terkait dengan desain surat suara. ”Sudah kami sampaikan kepada pasangan calon. Sudah disetujui,” ujarnya. 

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP