alexametrics
Jumat, 30 Oct 2020
radarkudus
Home > Blora
icon featured
Blora

Kader PPKBD Ikuti Pembinaan Administrasi Kampung Berkualitas

14 Oktober 2020, 12: 15: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

SOSIALISASI: Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Blora menggelar sosialisasi pembinaan administrasi kampung berkualitas di Kecamatan Jepon, Blora, kemarin.   

SOSIALISASI: Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Blora menggelar sosialisasi pembinaan administrasi kampung berkualitas di Kecamatan Jepon, Blora, kemarin.   (DALDUK KB FOR RADAR KUDUS)

Share this      

BLORA  Puluhan kader Peran Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), se Kecamatan Jepon mengikuti sosialisasi pembinaan administrasi kampung berkualitas kemarin. Acara di gelar di Kecamatan Jepon, Blora.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Nur Hidayat mengaku ada beberapa materi yang disampaikan. Mulai dari Tribina BKB, BKR, BKL, pembuatan RKM rencana kegiatan masyarakat serta pembuatan rumah data.

Dia mengaku, rumah data kependudukan dan informasi keluarga adalah kelompok kegiatan (Poktan) masyarakat yang melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai pengumpulan, verifikasi, analisis, penyajian serta pemanfaatan data kependudukan dan keluarga. Serta pembangunan di tingkat desa/kelurahan.

Tujuan rumah data kependudukan dan informasi keluarga ini untuk membangun kepedulian dan kesadaran akan data. Permasalahan kependudukan dan pendidikan wawasan kependudukan bagi masyarakat. Selain itu, membangun kelompok kegiatan dalam bidang data pada tingkat mikro yang mampu menjadi rekan strategis pemerintah lokal dalam mengambil keputusan dan kebijakan yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

”Berikutnya, menyediakan data dan analisis kependudukan serta informasi keluarga bagi pemerintah dan lintas sektoral dalam upaya memberikan intervensi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tepat sasaran dan tepat guna,” tambahnya.

Nur Hidayat menambahkan, rumah data kependudukan dan informasi keluarga juga berfungsi sebagai pusat data kependudukan dan informasi keluarga di level desa/kelurahan. Selain itu, sebagai penyedia data basis bagi intervensi pembangunan kependudukan serta instrumen pendidikan kependudukan bagi masyarakat.

”Untuk Tribina sendiri merupakan program yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dan anggota keluarga lainnya dalam membina tumbuh kembang. Baik secara fisik, motorik, kecerdasan emosional, dan sosial ekonomi dengan sebaik-baiknya kepada balita dan anak remaja dan Lansia,” jelasnya

(ks/zen/sub/top/JPR)

 TOP