alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Pembangunan Pasar Bangsri Dilanjut 2021

14 Oktober 2020, 13: 00: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

MANGKRAK: Proyek pembangunan Pasar Bangsri terhenti pada 2019. Pemkab Jepara akan melanjutkannya pada 2021.

MANGKRAK: Proyek pembangunan Pasar Bangsri terhenti pada 2019. Pemkab Jepara akan melanjutkannya pada 2021. (DOK. RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Pemkab Jepara memastikan pembangunan Pasar Bangsri dilanjut pada 2021. Kepastian itu sekaligus menjawab pertanyaan DPRD yang menyinggung tak ada kelanjutan pembangunan pada 2020.

Sebelumnya Plt Ketua DPRD Jepara Junarso menyinggung soal Pasar Bangsri pada rapat paripurna bersama eksekutif beberapa waktu lalu. Junarso menanyakan mengapa Pasar Bangsri yang sudah teranggarkan sejak 2018 dan 2019 Rp 35 miliar itu, pada 2020 tidak teranggarkan. Padahal pembangunan pasar tersebut belum selesai.

Sekda Jepara Edy Sujatmiko mengatakan, pada 2020 anggaran untuk lanjutan pembangunan Pasar Bangsri memang tidak ada. ”Tapi 2021 sudah kami anggarkan. Kami memahami jika pasar memiliki peran untuk perputaran roda ekonomi,” ungkapnya.

Edy menyatakan, awalnya untuk lanjutan pembangunan Pasar Bangsri itu dialokasikan Rp 10 Miliar. Namun mengingat DAU mengalami penurunan sehingga pengalokasian tidak bisa maksimal. ”Akan diupayakan di tahun berikutnya setelah pandemi Covid-19,” jelasnya.

Pemkab membangun Pasar Bangsri di lokasi baru, bekas pasar hewan. Diharapkan pasar tersebut menjadi percontohan pasar rakyat bernuansa modern di Jepara. Sementara Pasar Bangsri yang sebelumnya ditempati pedagang akan dijadikan taman atau ruang terbuka.

Pembangunan Pasar Bangsri sendiri sudah berlangsung dua tahap. Yang pertama dengan anggaran Rp 11 miliar dan tahap kedua Rp 24,4 miliar. Tahun lalu, pembangunan fokus pada pemasangan kerangka besi dan baja sebagai bentuk dasar pasar. Bagian atap pasar juga telah terpasang.

(ks/emy/lid/top/JPR)

 TOP