alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Kejar Beasiswa hingga Ngelesi Demi Kuliah

10 Oktober 2020, 15: 31: 34 WIB | editor : Ali Mustofa

Shofiana Mariana

Shofiana Mariana (DOK PRIBADI)

Share this      

BISA duduk di bangku kuliahan memang menjadi cita-cita Shofiana Mariana sejak masih sekolah di MA Manahijul Huda, Ngagel, Pati. Dia ingin terus menimba ilmu, sehingga bisa membantu masyarakat.

Untuk itu, sejak masih sekolah dia terus berusaha dan belajar keras untuk bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Selama di sekolah, dia juga sering jadi juara. Selain itu, aktif di dunia jurnalis sekolah.

Mahasiswi kelahiran 16 Februari 2001 ini mengaku, doa dan perjuangannya selama ini akhirnya terkabul. Usai lulus madrasah aliyah, dia mendaftar beasiswa Bidikmisi. Untuk mempersiapkan berkas-berkas, dia rela wira-wiri Pati-Kudus.

”Awalnya sempat pasrah. Berhasil atau tidaknya. Namun dengan terus berusaha ikhlas, berdoa, dan mohon doa orang tua serta keluarga akhirnya membuahkan hasil. Saya diterima dan mendapat beasiswa Bidikmisi,” ucapnya.

Perempuan yang saat ini aktif di jurnalis kampus ini mengaku, tujuan mendaftar di Bidikmisi sebenarnya untuk meringankan beban orang tua. Sebab, kondisi perekonomian keluarga. ”Orang tua saya seorang petani. Selain itu pedagang keliling. Penghasilan hanya bisa menyukupi kebutuhan rumah tangga. Apalagi biaya kuliah, paling tidak per bulan mencapai Rp 2 juta. Belum biaya kebutuhan hidup di sana (saat kuliah, Red),” jelasnya.

Menurutnya, ini adalah jalan Tuhan yang diberikan kepadanya. Untuk itu, perempuan kelahiran Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, Pati, ini tak mau menyia-nyiakan waktu. ”Ini sebuah anugerah. Untuk itu, saya harus benar-benar memanfaatkan ini dengan sebaik mungkin,” ucap pengurus HMPS Tadris Matematika ini.

Selain menjadi mahasiswi, anak ketiga dari lima bersaudara ini, juga menyempatkan waktu untuk membuka usaha produksi mi lidi. Juga mendampingi belajar anak tetangga. ”Usahanya baru enam bulanan. Alhamdulillah hasilnya lumayan,” kata putri pasangan Lasdi dan Musyaadah ini. 

(ks/sub/lin/top/JPR)

 TOP