alexametrics
Selasa, 27 Oct 2020
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Demokrat Terjunkan Kader Pulihkan Perekonomian di Jepara

24 September 2020, 11: 44: 48 WIB | editor : Ali Mustofa

BERSATU: Kader Partai Demokrat usai mengikuti workshop untuk  membangkitkan ekonomi Jepara.

BERSATU: Kader Partai Demokrat usai mengikuti workshop untuk  membangkitkan ekonomi Jepara. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - DPC Partai Demokrat Jepara menggandeng Witiarso Utomo atau sering disapa Mas Wiwit. Untuk membangkitkan perekonomian di Jepara. Setelah sempat lesu karena Covid-19. Para kader digembleng agar ikut berperan langsung menggerakkan potensi lokal.

Mas Wiwit dengan kemeja putih lengan panjang duduk di hadapan peserta. Diapit Ketua DPC Partai Demokrat Jepara M. Latifun dan moderator A. Sochib. Pengusaha asli Jepara di bidang perikanan itu disambut antusias peserta saat menyampaikan materi. Pada workshop di RM Maribu Jepara Sabtu (19/9). 

Menurutnya, Kota Ukir memiliki potensi ekonomi lokal dari berbagai sektor. Mulai dari industri mebel, konfeksi, perikanan, pariwisata, hingga kerajinan. Di masa pandemi, masyarakat butuh pendampingan. Butuh penggerak yang bisa mengarahkan dan memberi dorongan untuk memanfaatkan potensi itu. Apalagi di masa pandemi potensi lokal itu bisa menggerakkan perekonomian yang sedang lesu. 

Kader Demokrat bisa berperan di sana. Tentu dengan kolaborasi pemerintah setempat. ”Sekarang zamannya serba digital. Bisa memanfaatkan start up untuk memasarkan produk ketika pemasaran offline sedang lesu. Juga butuh inovasi-inovasi produk untuk menggaet pasar,” ujar Direktur Utama PT. Dua Putra Utama Makmur Tbk. itu. 

Ia menambahkan, jika para investor mampu digandeng untuk mengembangkan potensi lokal, justru bisa saling menguntungkan. Tidak terjadi kesenjangan di sektor industri. Mas Wiwit menyontohkan, tenun Troso bisa dijadikan seragam para pekerja industri garmen. "Berapa ribu itu pekerjanya. Kalau bisa digerakkan, misal sepekan sekali bawa seragam Troso pasti industri kecil juga mendapat keuntungan adanya investor,” imbuhnya.

TASYAKURAN: Ketua DPC Demokrat Jepara M. Latifun memotong tumpeng pada peringatan HUT ke-19 Partai Demokrat.

TASYAKURAN: Ketua DPC Demokrat Jepara M. Latifun memotong tumpeng pada peringatan HUT ke-19 Partai Demokrat. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Sementara di sektor perikanan, ia menilai selama ini belum tergarap maksimal. Sehingga potensi laut Jepara hanya habis untuk konsumsi. Padahal memiliki potensi ekspor. Hanya, infrastruktur belum memadai. Sehingga investor belum tertarik.

”Jepara belum ada dermaga yang bisa menampung kapal di atas 20 GT. Itu yang mesti dipikirkan sebagai penarik investor. Dampak kelanjutannya bisa menggerakkan perekonomian masyarakat nelayan. Tidak menutup kemungkinan mulai ada yang melirik bisnis pergudangan ikan. Yang itu bisa menyerap tenaga kerja bagi warga pesisir,” terangnya pada workshop yang digelar dalam rangka HUT ke-19 Partai Demokrat itu. 

Ketua DPC Partai Demokrat Jepara M. Latifun mengatakan, pihaknya tidak ingin konsentrasi habis pada pandemi Covid-19. Sedangkan perekonomian harus tetap pada titik aman. Masyarakat tidak bisa terus-terusan terpuruk secara ekonomi akibat pandemi.

”Ekonomi ini harus dipikirkan. Namun penanganan dan pencegahan Covid-19 juga harus tetap berjalan,” tuturnya.

MENTOR: Direktur Utama PT. Dua Putra Utama Makmur Tbk. Witiarso Utomo memberi kiat untuk memulihkan ekonomi yang terpuruk akibat Covid-19.

MENTOR: Direktur Utama PT. Dua Putra Utama Makmur Tbk. Witiarso Utomo memberi kiat untuk memulihkan ekonomi yang terpuruk akibat Covid-19. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Menurutnya, peringatan ulang tahun ke-19 Partai Demokrat tahun ini menjadi momen untuk bangkit. Sesuai dengan tema tahun ini, “Bersama Kita Kuat Bersatu Kita Bangkit”. Jepara memiliki potensi ekonomi lokal yang melimpah. Potensi itu yang mesti digarap untuk membangkitkan ekonomi masyarakat. 

”Kami berharap kader-kader partai di bawah bisa menggerakkan potensi itu. Sehingga masyarakat terdampak Covid-19 bisa bangkit akibat pandemi,” tuturnya.

Diketahui pada peringatan ulang tahun partai berlambang mercy itu, DPC Demokrat Jepara melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan. Pada 9 September lalu ada doa bersama dan potong tumpeng. Dilanjutkan sarasehan pada 13 September. Dan diakhiri dengan workshop yang diikuti para kader, pengurus partai, dan organisasi sayap Bintang Muda Indonesia yang dipandegani Muhammad Usman. 

(ks/war/lid/top/JPR)

 TOP