alexametrics
Selasa, 27 Oct 2020
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Saka Bakti Husada Juara I Tergiat Tingkat Jawa Tengah

24 September 2020, 08: 27: 06 WIB | editor : Ali Mustofa

MENERIMA PENGHARGAAN: SBH Kwarcab Kudus menerima penghargaan sebagai SBH tergiat I tingkat Jateng yang diserahkan Ketua Kwarda Jateng Siti Atikoh  didampingi Ketua Majelis Pembimbing Saka Bakti Husada Jateng dr. Yulianto Prabowo, M.Kes.

MENERIMA PENGHARGAAN: SBH Kwarcab Kudus menerima penghargaan sebagai SBH tergiat I tingkat Jateng yang diserahkan Ketua Kwarda Jateng Siti Atikoh  didampingi Ketua Majelis Pembimbing Saka Bakti Husada Jateng dr. Yulianto Prabowo, M.Kes. (DKK KUDUS FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS - Saka Bakti Husada Kwarcab Kudus baru-baru ini meraih juara I SBH tergiat Tingkat Jawa Tengah. Prestasi ini menjadi bukti keseriusan SBH setelah dibentuk kembali pada 2014.

Saka Bakti Husada dibentuk sebagai wadah untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan. Juga dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkungannya.

Dalam mendukung legalitas kepengurusan SBH, pengurus pimpinan SBH Kwartir Cabang (Kwarcab) Kudus masa bakti 2014-2019 dilantik pada 1 Februari 2014. Dengan pimpinan saka (Pinsaka) SBH Kudus Mustianik, Wakil Pinsaka Anik Retnowati, dan Sekretaris Pinsaka Sri Sumarni.

SEMANGAT: Saka Bakti Husada Kwarcab Kudus foto bersama usai mendapatkan penghargaan.

SEMANGAT: Saka Bakti Husada Kwarcab Kudus foto bersama usai mendapatkan penghargaan. (DKK KUDUS FOR RADAR KUDUS)

”Perkembangan gerakan Pramuka SBH Kwarcab Kudus dimulai dari pembentukan Pinsaka sekaligus perekrutan anggota SBH tingkat cabang pada 2014. Anggota SBH tersebut dibina melalui enam krida, yaitu Krida Bina Lingkungan Sehat, Bina Keluarga Sehat, Penanggulangan Penyakit, Bina Gizi, Bina Obat, dan Bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” jelasnya.

Pada 1 sampai 2 Mei 2014 diselenggarakan kegiatan pelantikan anggota SBH tingkat cabang. Sekaligus seleksi anggota SBH yang mewakili Kabupaten Kudus dalam Perkemahan Bakti Saka Bhakti Husada (Pertihusada) V 2014 di Kabupaten Sukoharjo.

Pada kegiatan tersebut, kontingen Kudus berhasil meraih beberapa lomba. Di antaranya Juara I Lomba Cepat Tepat Bakti Husada, Juara III Lomba Sendratasik Penyuluhan Kesehatan, dan Juara I Lomba Tertib Administrasi.

Selepas Pertihusada V 2014, Pengurus SBH Kwarcab Kudus mengaktifkan SBH kembali dengan pembentukan Dewan Saka tingkat Kabupaten Kudus. Setelah terbentuk, Dewan Saka melakukan tugasnya dalam merekrut anggota baru SBH tingkat cabang.

Bertambahnya anggota SBH tingkat cabang dan berkembangnya SBH Kwarcab Kudus, pada 2016 kembali mengirimkan kontingen Pertihusada tingkat Nasional di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Dalam rangka penyesuaian dengan aturan dan untuk mendukung pengembangan SBH Kabupaten Kudus, pada 2018 dibentuk kepengurusan Pinsaka SBH dan anggota SBH tingkat Kwartir Ranting (Kwarran).

Sembilan Kwarran yang sudah terbentuk di antaranya Kwarran Kaliwungu, Kwarran Kota, Kwarran Jati, Kwarran Undaan, Kwarran Bae, Kwarran Mejobo, Kwarran Jekulo, Kwarran Dawe, dan Kwarran Gebog. Kwarran tersebut juga telah aktif menyelenggarakan berbagai macam kegiatan tingkat Kwarran.

Kegiatan pengembangan lain yang dilaksanakan SBH Kwarcab Kudus yaitu menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Bakti Cabang (Perticab) Kudus ke-III 2018 di lapangan sepak bola Desa Besito, Kecamatan Gebog. Acara itu diikuti peserta yang berasal dari anggota SBH Kwartir Ranting se- Kwarcab Kudus.

Pada 2019, SBH Kwarcab Kudus kembali melebarkan sayap dengan mengikuti Pertihusada VI Kwartir Daerah Jateng 2019 di Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah.

Pada Pertihusada tersebut, disampaikan hasil penilaian SBH tergiat tingkat Jawa Tengah yang sebelumnya diseleksi Tim Penilai Provinsi Jawa Tengah ke setiap kabupaten.

SBH Kwarcab Kudus menerima penghargaan sebagai SBH tergiat I (Pertama) tingkat Jawa Tengah dan diberi penghargaan berupa piala dan tunggul yang diserahkan Ketua Kwarda Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo didampingi Ketua Majelis Pembimbing Saka Bakti Husada Jateng dr. Yulianto Prabowo, M.Kes. 

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya