alexametrics
Sabtu, 31 Oct 2020
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

BPJS Kesehatan Kudus Support Pelayanan dengan Pandawa

24 September 2020, 08: 02: 14 WIB | editor : Ali Mustofa

BISA DARI HP: Aplikasi mobile JKN dan BPJS Kesehatan memudahkan masyarakat tanpa perlu keluar rumah untuk mendapatkan layanan.

BISA DARI HP: Aplikasi mobile JKN dan BPJS Kesehatan memudahkan masyarakat tanpa perlu keluar rumah untuk mendapatkan layanan. (BPJS KESEHATAN KUDUS FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS - Upaya memaksimalkan pelayanan terus dilakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Kudus. Salah satunya dengan layanan mobile bernama Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp).

Layanan ini bertujuan untuk memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang ingin mengurus administrasi di kantor, tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Kudus.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus Maya Susanti mengatakan, program Pandawa diluncurkan untuk memberi kenyamanan kepada peserta BPJS Kesehatan. ”Sebagaimana kita tahu, di masa pandemi seperti ini, masyarakat diimbau untuk meminimalisasi kontak fisik. Dengan layanan ini, masyarakat bisa lebih nyaman mendapatkan layanan melalui WhatsApp,” jelasnya.

”Guna mendapatkan layanan, masyarakat cukup mengirim pesan ke admin kami di nomor WhatsApp 08112764122. Berbagai jenis kepesertaan yang kami layani antara lain, kepesertaan PPU (Peserta Penerima Upah), PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah), atau Mandiri Kelas 1 dan 2. Juga melayani perubahan data seperti penambahan anggota keluarga serta pendaftaran bayi baru lahir,” jelasnya.

Tidak hanya itu, melalui program tersebut, peserta juga bisa mengubah jenis kepesertaan, perubahan data identitas seperti nomor induk kependudukan (NIK), nama, tempat tanggal lahir, termasuk perubahan data golongan, dan pangkat serta gaji.

Peserta JKN-KIS juga bisa mengubah fasilitas kesehatan (Faskes) peserta, penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, termasuk pengaktifan peserta pensiunan, serta anak yang masih kuliah.

”Berbagai fasilitas pelayanan ini, kami harapkan agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu keluar rumah untuk bisa mendapatkan layanan di BPJS Kesehatan,” imbuh Maya Susanti.

Layanan mobile Pandawa ini, dilayani setiap hari kerja sejak Senin-Jumat pukul 08.00 hingga pukul 15.00, kecuali hari libur nasional. Apabila ada pesan yang dikirim di luar waktu tersebut, akan diabaikan oleh sistem.

Sedangkan untuk layanan administrasi, pemberian informasi dan penanganan pengaduan, juga dapat dilayani melalui kanal layanan lain. Seperti aplikasi mobile JKN dan BPJS Kesehatan care center 1500 400. Serta layanan Chika di nomor WhatsApp atau Telegram 08118750400 khusus pelayanan infomasi. (lia)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP