alexametrics
Kamis, 24 Sep 2020
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

UMK Bekerja Sama dengan BPIP Gelar Seminar Nasional

Toleransi Sunan Kudus Jadi Contoh Persatuan

17 September 2020, 11: 05: 40 WIB | editor : Ali Mustofa

BERDISKUSI: Narasumber seminar nasional Ipda Subkhan memberikan materi di depan peserta kemarin.

BERDISKUSI: Narasumber seminar nasional Ipda Subkhan memberikan materi di depan peserta kemarin. (INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS - Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar seminar nasional bekerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Seminar ini membahas tentang kearifan lokal Kudus. Salah satunya ajaran toleransi Sunan Kudus yang dapat dijadikan pembelajaran persatuan.

Wakil Ketua BPIP Prof Hariyono mengatakan, nilai-nilai kearifan lokal bisa digunakan untuk menguatkan Pancasila di masyarakat. Apalagi Kudus yang memiliki ajaran toleransi yang patut dicontoh.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Subarkah mengatakan, kegiatan ini merupakan kerja sama dengan Magister Ilmu Hukum (MIH) UMK. Misi UMK memang sejak awal salah satunya mengembangkan kearifan lokal.

”Sehingga diharapkan meminimalisir intoleransi dan radikalisme melalui seminar yang dilakukan,” jelasnya.

Kearifan lokal yang ada di Kudus banyak yang bisa diambil, salah satunya sikap toleransi, sehingga siapa saja yang menjalankan pancasila, tentu akan memiliki sikap tersebut.

Pancasila harus dijadikan ruang pertemuan. Maksudnya, perbedaan agama, suku, budaya dan lainnya tidak perlu dipertentangkan. Pancasila justru dijadikan raung pertemuan perbedaan tersebut. Selanjutnya mengarah kepada keadilan sosial.

Sehingga, dengan kerja sama yang dijalin dengan BPIP, pihaknya siap menjadi ujung tombak di Pantura Timur dalam mensosialisasikan Pancasila.”Pancasila sebagai ruang pertemuan sebagai perbedaan. 

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP