alexametrics
Selasa, 09 Mar 2021
radarkudus
Home > Politik
icon featured
Politik

Pilkada 2020 di Rembang, Jumlah Pencoblos Baru Tembus 12 Ribu Lebih

16 September 2020, 21: 52: 35 WIB | editor : Ali Mustofa

Pilkada 2020 di Rembang, Jumlah Pencoblos Baru Tembus 12 Ribu Lebih

REMBANG - Data pemilih sementara (DPS) dari hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang mengantongi kurang dari 500 ribu pemilih. 12 ribu di antaranya merupakan pemilih baru.

Sesuai dengan tahapan, pencocokan dan penelitian (coklit) dijadwalkan selesai sampai 13 Agustus lalu. Setelah itu, KPU Rembang mulai menyusun daftar pemilih berdasarkan hasil pemutakhiran sampai 29 agustus. Selain itu juga ada proses-proses lanjutan. Seperti rekapitulasi pada tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), rekapitulasi tingkat kecamatan, dan rekapitulasi tingkat kabupaten.

Hasil rekap tersebut lah akan ditetapkan sebagai DPS. Ketua KPU Rembang M Ika Iqbal Fahmi sudah mengumumkan berapa jumlah daftar pemilih sementara itu. Terhitung, lanjut Iqbal ada 491.753 pemilih. Yang tersebar pada 1.365 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Jika dirinci lagi, jumlah pemilih laki-laki dan perempuan relatif hampir sama. Sekitar 240 ribuan. Selisihnya sekitar tiga ribuan suara. ”Jumlah pemilih laki-laki 244.672 jumlah pemilih perempuan 247.081,” ujarnya.

Sementara itu, tentang pemilih baru, Iqbal mengatakan ada sekitar 12 ribu pemilih. Jika dirinci jumlah laki-laki dan perempuan juga hampir sama. Selisihnya sekitar 300-an.

”(pemilih pemula) Laku-laki 6.293 pemilih, perempuan 6.571 peilih. Jumlah 12.764 pemilih,” ujarnya.

Informasi dari website resmi KPU Rembang, baru-baru ini KPU Rembang sudah melaksanakan rapat pleno terbuka hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat kabupaten.

Rapat itu juga dihadiri Kapolres Rembang, TNI dan Polri, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil), Rutan Rembang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rembang, partai politik, juga jajaran pemerintah kabupaten (pemkab) Rembang.

Setelah tahapan ini, selanjutnya akan dilakukan uji publik DPS yang dilaksanakan mulai tanggal 19-28 September mendatang.

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP