alexametrics
Kamis, 24 Sep 2020
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Mahasiswa STIE YPPI Rembang Diwisuda secara Drive Thru

16 September 2020, 10: 15: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

SANDAR PROKES: Ketua STIE YPPI Rembang Drs. H. Muhammad Asrori, M, Si, mewisuda mahasiswa dengan konsep drive thru di halaman kampus setempat kemarin.

SANDAR PROKES: Ketua STIE YPPI Rembang Drs. H. Muhammad Asrori, M, Si, mewisuda mahasiswa dengan konsep drive thru di halaman kampus setempat kemarin. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG - STIE YPPI Rembang menggelar wisuda program sarjana ke-17 dengan konsep semi drive thru. Ada 181 wisudawan yang turut dalam kegiatan digelar tanpa berkerumun tersebut.

Untuk Penyelenggaraan acara ini telah sesuai sandar protokol kesehatan dan mengantongi izin dari Bupati Rembang dan Polres setempat. Konsepnya digelar secara out door di halaman kampus STIE YPPI, jumlah di tempat acara dibatasi hanya 10 orang. Wisudawan tetap bisa melihat jalannya acara melalui Live You Tube.

Alurnya drive thru diawali kendaraan peserta wisuda masuk dari pertigaan Clangapan, Rembang, masuk melalui jalan arah Desa Gedangan. Kemudian semua kendaraan parkir di areal kampus bagian barat dengan diberi jarak tertentu.

 Kendaraan peserta wisuda boleh masuk sesuai dengan nomor urut yang telah ditentukan sesuai kloter masing-masing. Ini dilakukan dalam rangka mencegah kerumunan maupun kemacetan. Semua patuh dari protokol dan aturan kesehatan. Seluruh peserta wisuda termasuk panitia diwajibkan cek suhu, memakai masker/face shield dan sarung tangan.

Peserta juga wajib masuk bilik disinfektan dan mencuci tangan pada tempat yang telah disediakan. Setelah itu menempati 10 kursi disiapkan. Diberi jarak. Kemudian prosesinya hanya pemindahan tali toga. Satu peserta wisuda membutuhkan waktu tidak sampai 1 menit. Jika ditotal waktu acara butuh sekitar 4 jam.

Semua peserta dipanggil, meskipun tidak hadir. Bagi anggota keluarga wisudawan atau yang lain ada indikasi dari persebaran virus tidak boleh ikut. Hal ini dilakukan mencegah penularan covid-19.

Setelah prosesi peserta tidak duduk. Langsung pulang membawa konsumsi. Kembali ke mobil atau kendaraan masing-masing. Acara juga tanpa ada sambutan seremonial. Semua berbasis teks dan bentuk video.

”Konsepnya kita bikin beda. Gelar semi drive thru. Ini moment, untuk memberikan kesan dan kenangan peserta wisudawan. Konsep yang kita tawarkan semoga menjadi inspirashe perguruan tinggi lain menggunakan konsep mengundang massa, pembagian kloter dan zona,” harapan Koordinator bidang acara A. Aviv Mahmudi, S. Kom, M. Kom.

Ketua Senat sekaligus Ketua Yayasan YPPI, Dr. Ir. H. Mudzakir MZ, MM. menambahkan prosesi wisuda mengikuti ketentuan pemerintah untuk berpegang protokol kesehatan. Dalam kondisi ini semua harus ikhlas. Tidak mungkin memaksakan seperti keadaan yang normal.

”Kampus STIE YPPI Rembang menghadirkan sesuatu yang memiliki kenangan cukup bagus. Sehingga bagaimana mereka itu hadir dengan rasa senang, ikut prosesi. Setelah itu menerima hal-hal yang menjadi hak mereka secara tepat. Misalnya ijazah. Diusahakan secepatnya, wisudawan puas,”  ungkapnya.

Ketua STIE YPPI Rembang Drs. H. Muhammad Asrori, M, Si menambahkan total lulusan STIE YPPI Rembang sampai tahun ini 1.596 orang selama berdiri 2000 sampai sekarang. Untuk wisuda ke-17 ada 181 orang.

”Mereka yang diwisuda 122 mahasiswa program studi manajemen. Lalu 59 mahasiswa program studi akuntansi. Kita sudah berupaya memberikan informasi peluang pekerjaan di segala macam sektor melalui YPPI Career Center. Sebagian mahasiswa sudah bekerja. Otomatis langsung terserap,” imbuhnya. 

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya