alexametrics
Kamis, 24 Sep 2020
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

City Walk di Jalan Sunan Kudus Dipercantik dengan Pohon Tabebuya

14 September 2020, 13: 56: 19 WIB | editor : Ali Mustofa

IKON BARU: Warga melintasi jalan Sunan Kudus yang sekaligus akan dibangun city walk. Jalur pendistrian akan dibangun sepanjang 562 meter.

IKON BARU: Warga melintasi jalan Sunan Kudus yang sekaligus akan dibangun city walk. Jalur pendistrian akan dibangun sepanjang 562 meter. (GALIH ERLAMBANG W/Radar Kudus)

Share this      

KUDUS - City walk di jalan Sunan Kudus akan segera dibangun. Jalur untuk pedestrian ini bakal dibikinkan ruang hijau dan dipercantik dengan bunga tabebuya.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Kudus Arif Budi Siswanto melalui Kasi Tata Bangunan Dinas PUPR Kudus Muhammad Riza mengatakan, jalur untuk pedestrian ini akan dilengkapi ruang terbuka hijau. Ikon kota Kudus ini akan dipercantik dengan pohon tabebuya.

”Kami akan berkoordinasi dengan Dinas PKPLH, pohon kami akan pilih yang sudah berumur. Supaya mengetahui warnanya,” katanya.

Dalam penanaman pohon, nantinya akan ditempatkan empat jenis warna. Di antaranya, tabebuya pink, kuning,putih, dan merah.

Konsep dari city walk ini, kata Riza juga mengusung konsep heritage. Sebab jalur pendestrian ini akan menghubungkan beberapa tempat sejarah di Kudus. Di antaranya rumah kembar Niti Soemito dan Menara Kudus.

Terkait lantai jalan Dinas  PUPR Kudus akan menggunakan bahan granit. berukuran 30x30 meter. Dengan ketebalan dua sentimeter. Granit tersebut sudah dilakukan uji coba. Dipastikan akan kuat untuk menompang beban kendaraan yang parkir.

Diketahui, pengerjaan city walk ini dianggarkan Rp 16,43 miliar. Panjang jalur untuk pedestrian ini 562 meter. Dengan lebar jalan eksesting rata-rata sekitar 22 meter. Jalur ini juga ramah terhadap difabel.

Nantinya jika siang hari, jalur ini akan dipergunakan untuk pejalan kaki. Sementara malamnya pejalan kaki di atas city walk, akan dimanjakan dengan berbagai suguhan kuliner khas kota Kudus. 

(ks/gal/mal/top/JPR)

 TOP