alexametrics
Kamis, 24 Sep 2020
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Simulasi CBT Ujian Penilaian Tengah Semester Banyak Kendala

Soal Tak Muncul dan Eror

14 September 2020, 13: 40: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

SIMULASI: Salah satu siswa mengikuti simulasi CBT ujian penilaian tengah semester (PTS).

SIMULASI: Salah satu siswa mengikuti simulasi CBT ujian penilaian tengah semester (PTS). (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS - Simulasi computer based test (CBT) ujian penilaian tengah semester SMP mengalami kendala. Mulai dari soal tidak muncul hingga eror.

Salah satu siswa kelas VII SMP 1 Mejobo Adyatma Satrio Wibowo mengaku mengukti simulasi CBT pada (12/9) pagi. Mula-mula tak kendala, namun tiba-tiba soal tak muncul.

Pada pukul 10.00, Adi berhasil masuk apilikasi. Namun setelah pengerjaan terjadi eror. ”Nah saat itu soal tidak muncul,” katanya.

Karena soal tidak muncul, group WhatsApp terjadi keributan. Sebab teman-teman Adi rupanya mengalami hal serupa. ”Saat itu Pak Guru Bu Guru meminta kami mengulangi lagi dari awal. Saya ikuti saja. Namun berkali-kali dicoba, soal tetap tidak muncul,” kata Adi yang saat simulasi didampingi ayahnya.

Hingga pukul 10.45, akhirnya soal bis amuncul. Adi pun langsung mengerjakan.

Simulasi PTS SMP 1 Mejobo mata pelajaran (Mapel) yang diujikan bahasa Indonesia.

Untuk simulasi CBT, Adi mengaku, ke kantor ayahnya untuk mengikuti. Sedangkan teman-temannya menggunakan ponsel karena tidak memiliki komputer.

”Tapi, saat hari H kelihatannya saya pakai ponsel meski sebenarnya enak pakai komputer,” terangnya.

Wakil Kepala Sekolah (Waka) SMP 4 Kudus Agus Nurdin menjelaskan, uji coba memang masih ada kendala, tapi langsung bisa diatasi.

”Ya, rata-rata belum bisa masuk ke laman soal. Ada yang pada saat login susah masuk. Namun, dengan petunjuk guru pelan-pelan siswa bisa,” jelasnya.

Untuk siswa yang mengerjakan di sekolah, pihaknya menyediakan empat ruang laboratarium. Dengan jumlah perangkat komputer 120 unit.

”Jenis soalnya pilihan ganda. Tidak ada esay. Khusus Matematika jauh lebih sedikit. Hanya 30 pilihan ganda, lainnya 40 pilihan ganda  tidak ada esay 11. Jumlah siswa 838 siswa kelas VII, VIII, dan IX,” imbuhnya.

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP