alexametrics
Kamis, 24 Sep 2020
radarkudus
Home > Politik
icon featured
Politik

Jalani Tes Kesehatan, Bapaslon Pilkada Ditempatkan di Ruangan Khusus

10 September 2020, 17: 17: 33 WIB | editor : Ali Mustofa

TAHAPAN TES: Bacabup Rembang Harno dicek petugas kesehatan RSUP Kariadi, Semarang, sebelum tes kesehatan di rumah sakit tersebut. Begitu juga Abdul Hafidz (foto kanan).

TAHAPAN TES: Bacabup Rembang Harno dicek petugas kesehatan RSUP Kariadi, Semarang, sebelum tes kesehatan di rumah sakit tersebut. Begitu juga Abdul Hafidz (foto kanan). (VACHRY RIZALDI LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG - Para Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) bupati-wakil bupati Rembang jalani tes kesehatan hari terakhir kemarin. Mereka ditempatkan di ruangan khusus.

Hasil swab dinyatakan negatif Covid-19.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang Moh Zaenal Arifin menyampaikan swab itu sudah dilaksanakan sebelum calon mendaftarkan diri. Ketika hari pendaftaran, hasil dari pemeriksaan sudah dibawa. "Di Rembang keempatnya negatif (dua pasangan bakal calon, Red)," katanya.

Arifin mengaku salah satu dari tim KPU Rembang sudah ada di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kariadi Semarang. Dia turut bertugas mengawasi jalannya tahapan ini.

Para Bapaslon kemarin masih menjalani pemeriksaan kesehatan. Jika sesuai dengan jadwal, medical check up akan selesai sekitar pukul 20.30 tadi malam.

Seperti yang diketahui, Bapaslon menjalani 55 item dalam pemeriksaan kesehatan. Di antaranya ada assessment psikologis hingga tes narkoba.

Saat dikonfirmasi kemarin, Arifin pun tidak mengetahui sampai tahapan mana para "jagoan" itu diperiksa dan sudah menyelesaikan berata item. Karena, kata Arif, pihaknya, selaku tim dari KPU tidak diperkenankan masuk.

"Hanya peserta saja yang diperkenankan masuk. Karena para calon sudah difasilitasi oleh rumah sakit pendamping perawat. Kemana-mana yang mendampingi perawat itu," jelasnya.

Para bapaslon itu ditempatkan di ruangan khusus untuk pemeriksaan kesehatan.

Sementara dari ajudan maupun tim KPU kabupaten berada di luar ruangan itu. Untuk berkomunikasi bila ada yang diperlukan. "Kalau ada ada kebutuhan administrasi nanti dipegang oleh KPU. Tergantung kebutuhan lah. Butuhnya ke KPU atau ajudan," ujarnya.

Arifin menambahkan, hasil tes kemungkinanakan disampaikan 12 September. Setelah dirinya menerima hasil dari RSUD Karyadi. 

(ks/vah/zen/top/JPR)

 TOP