alexametrics
Kamis, 24 Sep 2020
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Operator Teledor, Pabrik Kayu Bacawabup Rembang Membara

05 Agustus 2020, 17: 13: 55 WIB | editor : Ali Mustofa

Operator Teledor, Pabrik Kayu Bacawabup Rembang Membara

REMBANG - Gudang kayu milik Bacawabup Rembang Arifin terbakar Senin (3/8) pukul 21.00. Pemicunya murni ketelodoran operator oven kayu. Kerugian ditaksir sekitar Rp 200 jutaan. Tidak ada unsur sabotase.

Saat kejadian, operator oven kayu itu sedang ngopi di warung. Kebetulan saat kejadian Arifin sedang di rumah. Jarak rumahnya hanya 100 meter dari gudang. Saat kejadian dia ditelepon karyawannya. Dia pun langsung bergegas ke gudang tersebut.

”Alhamdulillah berkat kesigapan tetangga, kebakaran tak sampai merambat ke bangunan lain,” teranganya.

IKHLAS: Arifin berada di sekitar oven api di pabrik miliknya di wilayah desa Krikilan RT 07 RW 01, Kecamatan Sumber yang terbakar, kemarin.

IKHLAS: Arifin berada di sekitar oven api di pabrik miliknya di wilayah desa Krikilan RT 07 RW 01, Kecamatan Sumber yang terbakar, kemarin. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Dia menjelaskan, oven itu untuk mengeringkan kayu. Operasionalnya 24 jam. Kadang menyala terus selama 15 sampai 20 hari sampai kayu kering,” kata Arifin kemarin.

Waktu oven hidup memang panjang. Sebab, saat kayu kering dikeluarkan, dimasukkan kayu baru lagi. Begitupun seterusnya.

Sebenarnya Arifin sudah membangun empat pabrik khusus untuk oven kayu. Jaraknya dari pabrik yang terbakar sekitar 4 km. Sudah sekitar sepekan pabrik batu itu diuji coba. Rencananya pabrik yang terbakar akan dibongkar.

Sementara itu, Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Rembang Sarpani menyampaikan, sebelumnya petugas damkar menerima laporan kejadian kebakaran dari Kabid Linmas dan Damkar Wiyoto sekitar pukul 20.50.

”Petugas menggunakan satu armada pemadam dan dua truk tangki air tiba di lokasi pukul 21.25. Api berhasil dipadamkan petugas damkar pukul 22.15,” imbuhnya. 

(ks/noe/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya