alexametrics
Kamis, 24 Sep 2020
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Dosen Unisnu Jepara Bikin Tiga Varian Kopi Muria

05 Agustus 2020, 14: 34: 05 WIB | editor : Ali Mustofa

VARIAN BARU: Dosen Unisnu Jepara bersama Sukaenah, pemilik kedai kopi “You Soeka” saat pendampingan inovasi produk kopi Muria.

VARIAN BARU: Dosen Unisnu Jepara bersama Sukaenah, pemilik kedai kopi “You Soeka” saat pendampingan inovasi produk kopi Muria. (UNISNU JEPARA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - Kopi jahe, kopi gula jawa, dan kopi pandan. Tiga varian kopi Muria itu bikinan dosen Unisnu Jepara. Mereka juga membuat inovasi kemasan produk kopi muria. Bekerja sama dengan kedai kopi “You Soeka” Kudus.

Sebelumnya kopi di kedai tersebut hanya dikemas dengan alumunium foil. Sekarang dikembangkan kemasan saset dan cup siap seduh. Kemudian dikembangkan konsep kedai kopi siap seduh. Dengan membuka caabang di Kota Kudus.

Ketua Tim Pengabdian Unisnu Jepara Ujar Noor Azizah menjelasakan untuk legalitas usaha itu, masih proses pendaftaran P-IRT pada tiga varian kopi ciptaan timnya. Sertifikasi halal juga baru pengajuan ke Majelis Ulama Indonesia (MUI). ”Harapan kami, inovasi dan pendampingan ini bisa membawa kopi Muria menjadi produk unggulan daerah. Ke depan semoga bisa memasuki pasar ekspor,” katanya.

Sementara  itu Sukaenah, pemilik You Soeka mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengabdian dari Unisnu Jepara yang telah mendampinginya. Sudah tiga tahun Sukaenah dapat pendampingan dan fasilitasi dari tim pengabdian Unisnu.  

Pendampingan itu merupakan Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah(PPPUD). Dananya dari Ristek-BRIN. Bertujuan mengangkat produk unggulan daerah lewat usaha mikro kecil dan menengan.

Selain Noor Azizah, ada dua dosen lain yang ikut mendampingi UMKM kopi Muria “You Soeka”. Yakni Mahmudatus Sa'diyah dan Muhammad Choiru Zulfa. Mereka juga ikut memberi pelatihan ke pemilik kedai itu.

(ks/war/lid/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya