alexametrics
Kamis, 24 Sep 2020
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Dosen Unisnu Jepara Dampingi Usaha Pengolahan Ikan

04 Agustus 2020, 15: 49: 02 WIB | editor : Ali Mustofa

PENGABDIAN MASYARAKAT: Dosen Unisnu Jepara bersama kelompok usaha Selera U Jobokuto kemarin.

PENGABDIAN MASYARAKAT: Dosen Unisnu Jepara bersama kelompok usaha Selera U Jobokuto kemarin. (UNISNU FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS - Selama ini, pengolahan ikan dari kelompok Selera U Jobokuto masih dilakukan secara tradisional. Sedangkan pemasaran masih konvensional. Untuk itu, tim Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) Unisnu Jepara mendampingi dan membina mitra dengan memperkenalkan pengolahan produk, diversifikasi varietas produk, hubungan minat konsumen, hingga internet marketing.

Tim pengabdian yang diketuai Zaenal Arifin dengan anggota Buang Budi Wahono, Dias Prihatmoko, Sisno Riyoko dan Luky Mudiarti bertekad meningkatkan produk hasil olahan ikan dengan cara penerapan teknik pengolahan yang lebih ramah lingkungan. Serta tepat sasaran di masa pandemi ini. ”Di samping itu penerapan pemasaran secara online di medsos akan menjadi media promosi yang efektif,” imbuhnya.

Program pengabdian ini diharapkan mampu menjawab persoalan yang dihadapi mitra program. Masalah umum yang dihadapi mitra Selera U yakni pemasaran produk. ”Semua ini dapat dihindari dengan adanya pendampingan yang intensif dari Tim PPPUD dengan mitra pengabdian ini,” katanya.

Selain itu dilakukan beberapa workshop. Mulai dari workhsop penerapan protokol kesehatan terkait Covid-19 pada pengolahan produk olahan ikan, workshop peran diversifikasi produk olahan ikan terhadap ketahanan pangan, workshop pengaruh pedagang terhadap minat beli konsumen, dan workshop pemanfaatan internet marketing sebagai media promosi pemasaran produk. Pada akhirnya dari semua rangkaian kegiatan tersebut diharapkan akan meningkatkan hasil produk olahan ikan kelompok Selera U dan masyarakat Desa Jobokuto di Jepara.

(ks/war/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya