alexametrics
Selasa, 11 Aug 2020
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Ratusan Warga Binaan Nyate Bareng di Dalam Rutan Kelas II B Jepara

01 Agustus 2020, 15: 09: 11 WIB | editor : Ali Mustofa

KEBERSAMAAN: Kepala Rutan Kelas II B Jepara Heru Yuswanto (berdiri) bersama warga binaan nyate bareng usai memotong sapi kurban kemarin.

KEBERSAMAAN: Kepala Rutan Kelas II B Jepara Heru Yuswanto (berdiri) bersama warga binaan nyate bareng usai memotong sapi kurban kemarin. (RUTAN KELAS II B JEPARA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Jepara menyembelih satu ekor sapi sebagai hewan kurban kemarin. Kurban sapi itu untuk yang pertama kalinya. Dagingnya dibuat sate, sop, hingga bistik.

Kepala Rutan Kelas II B Jepara Heru Yuswanto mengatakan, pihaknya ingin warga binaan merasakan nuansa Idul Adha di dalam rutan. Selama ini setiap Idul Adha pembagian daging tidak bisa maksimal. Tahun-tahun sebelumnya selalu menyembelih kambing. Sehingga diputuskan tahun ini menyembelih sapi. Sapi itu dibeli dari hasil patungan pegawai.

Penyembelihan berlangsung setelah salat Id di dalam rutan. Imam, khotib, dan penyembelih sapi adalah pegawai rutan, Kumaidi. Sesuai dengan protokol Covid-19, jaga jarak dan tidak mendatangkan orang dari luar rutan.

Setelah disembelih, daging kemudian dimasak jadi tiga menu. Yakni untuk bistik, sop iga, dan daging tusuk. Dan sisanya untuk warga sekitar. Daging yang dibagikan kepada warga binaan berupa lima tusuk sate per orang. Sate itu kemudian dibakar secara serentak oleh seluruh warga binaan. Jumlahnya 303 orang.

Kepala Rutan Kelas II B Jepara Heru Yuswanto dan petugas ikut berbaur bersana warga binaan. Ada 15 tungku bakar yang digunakan selama nyate bareng. ”Alhamdulillah tahun ini bisa nyate bareng. Warga binaan bisa merasakan nikmatnya sate. Sehingga tidak ada perasaan kecewa karena tidak bisa menikmati suasan Idul Adha,” kata Heru.

(ks/war/lid/top/JPR)

 TOP