alexametrics
Selasa, 11 Aug 2020
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Proteksi Diri sejak Dini dengan JKN, Ibarat Sedia Payung Sebelum Hujan

01 Agustus 2020, 14: 45: 15 WIB | editor : Ali Mustofa

Syaiful Anif

Syaiful Anif (Dok. Pribadi)

Share this      

KUDUS - Syaiful Anif warga Dukuh Karangdowo, Desa Gondangmanis, Bae betul-betul merasakan manfaat program jaminan kesehatan nasional (JKN) Badan Penyelenggera Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Lelaki berusia 34 tahun ini memproteksi sejak dini jika sewaktu-waktu sakit.

Aan, sapaan akrab Syaiful Anif mengaku butuh jaminan kesehatan. Sebab, sebagai pekerja seni, dia butuh proteksi diri jika sewaktu-waktu sakit. Sebelum hal itu terjadi, maka dia memutuskan untuk mendaftar kepesertaan JKN mandiri kelas I.

”Saya proteksi diri sendiri, memang sekarang belum begitu butuh. Paling periksa ke klinik atau dokter faskes pertama. Namun jaminan kesehatan itu penting. Karena sakit datangnya tanpa disangka-sangka. Ibaratnya, sedia payung sebelum hujan,” terangnya.

Dia menuturkan, semua pengobatannya ditanggung oleh BPJS Kesehatan karena menggunakan kartu JKN. Meski baru-baru ini ada penyesuaian iuran, namun dia tetap bertahan di kelas I.

”Mau di kelas berapa pun tidak masalah. Yang penting kartu JKN saya tetap aktif. Saya upayakan tidak menunggak. Selama masih mampu membayar di kelas I saya tidak pindah kelas,” jelasnya.

Walaupun hanya iuran setiap bulan, namun biaya yang dikeluarkan tak sebanding dengan besarnya manfaat yang diterima. Aan dapat menikmati kemudahan berobat dengan tenang tanpa memikirkan biaya lagi.

”Saya bersyukur masih ada rejeki di tengah pandemi, jadi pembayaran iuran JKN tetap lancar. Saya berusaha tidak nunggak dan saya tetap menjaga kesehatan,” imbuhnya. 

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP