alexametrics
Selasa, 11 Aug 2020
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Modifikasi Masker dari Bahan Tenun Troso

30 Juli 2020, 09: 37: 30 WIB | editor : Ali Mustofa

KREATIF: Ibu-ibu membuat masker dari bahan kain Troso di Desa Guyangan kemarin.

KREATIF: Ibu-ibu membuat masker dari bahan kain Troso di Desa Guyangan kemarin. (APRIL FOR RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - Selembar kain tenun troso terhampar di lantai. Ibu-ibu memegang pola berbentuk masker. Lalu menggambar pola itu di atas kain Troso. Mereka sedang membuat masker unik dari bahan tenun Troso.

Usai membuat pola, potongan kain itu kemudian dijahit dan diberi tali. Selama pelatihan berlangsung puluhan ibu-ibu dipandu Aprilia Riyana Putri dan Dwiana Asih Wiranti selaku Tim Pengabdian Mandiri Unisnu Jepara. Guru SDN 9 Jambu Farah yang ditunjuk menjadi narasumber turut mendampingi peserta.

April mengatakan, ide membuat masker kain Troso muncul karena ingin memberdayakan ibu-ibu rumah tangga dari segi keterampilan dan metode pemasaran produk di Desa Guyangan. Hal ini dilakukan dengan dasar banyaknya ibu-ibu muda mencari tambahan penghasilan selama pandemi ini berlangsung untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.

(APRIL FOR RADAR KUDUS)

“Tercetus ide membuat produk sederhana yang mudah, murah dan dibutuhkan banyak konsumen. Serta bahan bakunya melimpah di Jepara. Yakni masker kain tenun troso,” katanya.

Pelatihan tersebut mengkombinasikan dua metode luring dan daring dalam satu waktu. Testimoni beberapa peserta daring maupun luring menyatakan bahwa pelatihan seperti ini memang mereka butuhkan. “Tidak perlu keterbaruan, tidak perlu birokrasi berbelit, tidak perlu berpikir tentang dana untuk berbuat kebaikan. Selama itu dibutuhkan masyarakat dan untuk kebaikan mereka. Apapun latar belakangmu. Ayo lakukan,” ujarnya.

(ks/war/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia