alexametrics
Selasa, 11 Aug 2020
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Target Zona Hijau pada Agustus Pupus

29 Juli 2020, 22: 04: 36 WIB | editor : Ali Mustofa

SUASANA MALAM: Sebuah kafe di kudus sudah ramai dikunjungi para pemuda foto diambil beberapa waktu lalu setelah memasuki new normal.

SUASANA MALAM: Sebuah kafe di kudus sudah ramai dikunjungi para pemuda foto diambil beberapa waktu lalu setelah memasuki new normal. (DIYAH AYU FITRIANI/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS - Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus HM Hartopo pesimis terkait targetnya beberapa waktu lalu. Sebelumnya diirnya menargetkan Kudus akan kembali menjadi zona hijau pada Agustus mendatang. Melihat perkembangan kasus covid-19 yang terus meningkat, harapan tersebut pupus.

”Tidak bisa. Kudus punya alat RT-PCR sendiri, sehingga kami tidak bisa diam. Tracking kontak terus dilakukan Jadi setelah ada warga yang terinfeksi langsung dilacak dan langsung swab. Langsung tahu positif atau negatif,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Plt Bupati Kudus itu.

Hartopo mengatakan, jika saat ini Kudus kembali ditetapkan sebagai zona merah. Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus, penetapan ini terhitung mulai 19 Juli 2020.

”Sekarang zonanya gelap. Merah mengarah ke hitam. Ini yang berbahaya, maka dari itu kami minta masyarakat agar tetap selalu mentaati protokol kesehatan,” ucapnya.

Pada bulan ini, penambahan jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kudus hampir dikatakan angkanya mencapai puluhan setiap hari. Bahkan pada Kamis (23/7) lalu sehari ada penambahan 77 kasus baru. 64 di antaranya dari dalam wilayah.

Penambahan jumlah dengan jumlah yang besar ini tak lepas dari kegiatan screening yang dilakukan oleh tim gugus tugas. Saat ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus sudah melakukan tracking terhadap lebih dari 2500 warga Kudus. Sebagian besar dari mereka merupakan kontak erat pasien positif. Dan masyarakat yang dirapid secara acak di titik keramaian.

Sampai saat ini, ternotifikasi kasus konfirmasi covid-19 ada 595 kasus dari dalam wilayah dan 174 kasus dari luar wilayah yang dirawat di Kudus. Dari 595 kasus dalam wilayah tersebut, 88 kasus dirawat, 155 kasus isolasi, sembuh 284 kasus, dan meninggal 68 kasus. Sedangkan untuk kasus luar wilayah yang dirawat di Kudus dari 174  kasus terdapat 20 kasus dirawat  44 kasus isolasi, 87 kasus sembuh, dan 23 kasus meninggal. 

(ks/daf/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia