alexametrics
Selasa, 11 Aug 2020
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Bikin Studio Pembelajaran Daring, Yang Ngajar Serasa Lagi Siaran

28 Juli 2020, 15: 09: 43 WIB | editor : Ali Mustofa

NYAMAN: Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTsN 1 Kudus Umi Henik sedang mengabsen siswa sebelum pembelajaran dimulai kemarin.

NYAMAN: Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTsN 1 Kudus Umi Henik sedang mengabsen siswa sebelum pembelajaran dimulai kemarin. (INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS - MTsN 1 Kudus membikin ruang pembelajaran khusus daring. Ruang ini mirip studio broadcast. Lengkap dengan laptop, kamera untuk shooting, lighting, microphone, dan earphone. Saat mengajar, guru serasa lagi siaran.

Guru secara bergiliran menggunakan ruangan itu untuk membuat pembelajaran daring. Kadang siaran langsung. Kadang non-streaming yang diupload di YouTube.

Salah satu guru Sejarah Kebudayaan Islam Umi Henik saat di ruang itu, dia merasa seperti penyiar. Narsumbernya siswa.

Biasanya, pagi-pagi, dia di ruangan itu untuk mengabsen siswa. ”Setelah absen, siswa akan diarahkan ke google classroom untuk belajar,” katanya.

Kendati demikian, Umi Henik tetap menekan kendala. Salah satunya kedisiplinan siswa.

Biasanya, kata Menik, sapaan akrab Umi Henik, saat absen virtual, siswa banyak yang telat. Seharusnya ada 30 siswa, tetapi yang absen hanya 18 orang. ”Jadi memang harus sabar,” tuturnya.

Menik tidak memberikan sanksi atas keterlambatan itu. Siswa biasanya langsung diminta masuk ke google classroom.

Sementara itu, tim kreatif MTsN 1 Kudus Dimas Maulana, mengatakan, studio pembelajaran sudah ada sebelum masuk tahun ajaran baru. Ruang itu dulu, laboratorium komputer. ”Berhubung tidak digunakan karena tidak ada ujian nasional, maka kami buat studio,” jelasnya.

Saat siswa masuk sekolah lagi, ruang ini akan dijadikan lokasi shooting. Mungkin akan mengundang bintang tamu seperti Deddy Corbuzier yang sudah memiliki ruang broadcast sendiri.

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia