alexametrics
Rabu, 05 Aug 2020
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Lagi, Seorang Nakes di Kudus Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

28 Juli 2020, 11: 33: 10 WIB | editor : Ali Mustofa

SUDAH BERJASA: Screenshoot video jenazah nakes RS Mardirahayu Kudus di bawa petugas ber-APD lengkap.

SUDAH BERJASA: Screenshoot video jenazah nakes RS Mardirahayu Kudus di bawa petugas ber-APD lengkap. (SCREENSHOOT VIDEO)

Share this      

KUDUS - Salah satu tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Mardirahayu (RSMR) Kudus meninggal dunia karena terpapar Covid-19. Selain karena Covid-19, nakes itu juga memiliki riwayat penyakit penyerta.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 RSMR Kudus dr Yuliana Wara mengatakan, nakes itu sebelumnya sudah dinyatakan sembuh. Namun kembali sakit dan terkonfirmasi positif. Akhirnya meninggal dunia. ”Pertama diagnosis pada 3 Mei. Dilakukan swab dua kali hasilnya negatif dan dinyatakan sembuh pada 14 Mei. Diagnosis kedua pada 24 Juli dinyatakan positif dan meninggal 26 Juli,” katanya.

Semua nakes lain yang kontak dengan almarhum saat kontak selalu memakai APD lengkap. Sesuai ketentuan zona rumah sakit.

Dikatakan, sejak muncul gejala, nakes itu langsung menjalani rawat inap. Selain nakes yang meninggal pada 26 Juli lalu, saat ini ada dua nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dua nakes ini, menjalani isolasi mandiri karena hanya bergejala ringan. Atas kondisi ini, pelayanan di RSMR tetap normal. ”Semoga segera menyusul sembuh,” harapnya.

Terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan covid-19 Kudus dr Andini Aridewi mengatakan, hampir semua pasien Covid-19 yang meninggal memiliki penyakit penyerta. Termasuk nakes yang bertugas di RSMR. ”Yang bersangkutan memiliki penyakit penyerta. Sebelumnya pernah terpapar, tapi sudah sembuh,” kata Andini.

Selain kasus nakes RSMR, sebelumnya juga ada satu nakes di Puskesmas Undaan yang meninggal karena terpapar Covid-19. Nakes ini telah mendapatkan santunan dari Kementerian Kesehatan. ”Santunan sudah diserahkan secara simbolis,” katanya.

Sampai saat ini, ternotifikasi kasus konfirmasi Covid-19 ada 575 kasus dari dalam wilayah dan 169 kasus dari luar wilayah yang dirawat di Kudus. Dari 575 kasus dalam wilayah tersebut, 93 kasus dirawat, 165 kasus isolasi, sembuh 252 kasus, dan meninggal 65 kasus. Sedangkan untuk kasus luar wilayah yang dirawat di Kudus dari 169  kasus terdapat 20 kasus dirawat , 43 kasus isolasi, 84 kasus sembuh, dan 22 kasus meninggal.

”Hari ini ada tambahan delapan kasus baru. Selain itu, ada tujuh sembuh dan tiga meninggal,” imbuhnya.

(ks/daf/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia