alexametrics
Selasa, 11 Aug 2020
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Mahasiswa Unisnu Jepara Lakukan KKN Daring, Mbangun Desone Dewe

27 Juli 2020, 10: 51: 55 WIB | editor : Ali Mustofa

SIAP MENGABDI: Mahasiswa Unisnu Jepara dilepas Rektor Unisnu Jepara Sa’dullah Assaidi awal tahun ini. Pelepasan KKN hari ini digelar secara daring.

SIAP MENGABDI: Mahasiswa Unisnu Jepara dilepas Rektor Unisnu Jepara Sa’dullah Assaidi awal tahun ini. Pelepasan KKN hari ini digelar secara daring. (UNISNU FOR RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - Mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara tetap melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Namun secara daring. Mereka KKN dari tempat tinggal atau desa masing-masing.

Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan keputusan rektor dan hasil koordinasi antara pihak Panitia Pelaksana KKN dengan Pemkab Jepara. Tetap dilaksanakannya KKN ini lantaran pihak kampus juga tidak ingin terkendala jadwal kelulusan mahasiswa.

Tidak seperti KKN pada umumnya, di mana mahasiswa turun langsung ke lapangan dalam kegiatan KKN. Kali ini mahasiswa menjalankan KKN secara daring atau online dari lokasi atau desanya masing-masing.

”Hal ini dijalankan tentu dengan berbagai pertimbangan, serta disiplin menerapkan protokol kesehatan,” terang Ketua Panitia Pelaksana KKN Hudi.

Mahasiswa melaksanakan programnya di tempat tinggal masing-masing. Secara mandiri dan tidak berkerumun. Pembimbingannya oleh dosen pembimbing lapangan secara daring.

”Pada prinsipnya, kita menjaga agar mahasiswa maupun masyarakat tetap sehat dan konsen ke pengurangan jumlah kasus Covid-19. Makanya, kali ini tidak ada penerjunan langsung ke lokasi,” Imbuh Hudi.

Meskipun berbeda dari KKN sebelumnya, KKN daring tetap dilakukan secara berkelompok. Waktu kurang lebih sebulan. Untuk periode ini, KKN Daring dilaksanakan mulai 27 Juli - 25 Agustus 2020.

KKN daring juga mengharuskan mahasiswa menghasilkan suatu produk bagi masyarakat di lokasi pengabdian. Output-nya macam-macam, sesuai kebutuhan di desa. Misalnya video pembelajaran untuk sosialisasi ke masyarakat, dokumen perencanaan, dan sebagainya. Diharapkan mahasiswa bisa berkontribusi “mbangun desone dewe”.

Senin (27/7) ini, Unisnu akan menerjunkan peserta KKN periode 2 sebanyak 573 mahasiswa. Mereka tersebar di tujuh wilayah di seluruh Indonesia. Di antaranya, Jepara, Demak, Kudus, Pati, Semarang, Brebes, serta Musi Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan.

Acara pelepasan yang juga diselenggarakan secara daring ini, rencana diikuti Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Direktur Kesiapsiagaan BNPB Eny Supartini via video conference. 

(ks/war/lid/top/JPR)

 TOP